Kamis, 6 Agustus 2020 10:53 WIB | Dibaca : 970
Musim Layangan di Tengah Pandemi, Pengerajin Raup Rp 4 Juta/Hari
Musim Layangan di Tengah Pandemi, Pengerajin Raup Rp 4 Juta/Hari
Musim Layangan di Tengah Pandemi, Pengerajin Raup Rp 4 Juta/Hari
Musim Layangan di Tengah Pandemi, Pengerajin Raup Rp 4 Juta/Hari
Musim Layangan di Tengah Pandemi, Pengerajin Raup Rp 4 Juta/Hari

Musim sepedahan belum usai, kini main layang-layangan mulai digandrungi masyarakat Kota Tangerang. Tak hanya anak-anak, dengan beragam jenis dan ukuran, acap kali ditemukan remaja, hingga orangtua ikut bermain layang-layang. 

Di sisi lain, penjual layangan jadi ketiban durian runtuh. Salah satunya, seperti yang dialami Wahyudi, pengrajin layangan, di Poris Indah, Kota Tangerang, mengaku omzetnya melonjak hingga 100 persen sejak sebulan terakhir ini. 

Tidak tanggung-tanggung, Wahyudi mampu meraup omset hingga Rp 4 juta setiap harinya. “Paling banyak diburu itu layangan kecil. Karena, pembeli lagi doyan layangan yang bisa diadu-adu dengan teman atau pemain layangan dari daerah lainnya,” ungkapnya.

Lanjutnya, pesanan layangan paling banyak masih berasal dari dalam Kota Tangerang. Begitu juga dengan jaringan resellernya. Sedangkan Wisnu tidak membuka pesanan secara online, lantaran merasa tidak sempat mengurus pesanan online.

"Situasi efek pandemi corona, kegiatan sekolah dan kerja di rumah paling berpengaruh dalam peningkatan penjualan saya. Mungkin mereka bosan di rumah aja, main layangan jadi pilihan mereka, sampai akhirnya sekarang mejadi musim layangan," tuturnya. 

Diketahui, Wahyudi telah menekuni usaha layang-layang sejak 2008. Memproduksi berbagai jenis layangan, mulai dari layangan aduan hingga layangan koang dengan berbagai bentuk, ukuran atau karakter tertentu. 

“Kalo di Poris Indah ini saya sejak 2014, dan hanya buka satu toko. Yaa... alhamdulillah lah, selama pandemi ini pemesanan meningkat. Makin kesini makin musim pemburu layangan jadinya juga ngikut makin banyak,” katanya Wahyudi ditemui di gerai miliknya.

Sementara itu, Faiz Rauzilah salah seorang reseller Wahyudi mengaku musim layangan saat ini menjadi keuntungan juga untuk dirinya. Pasalnya, hari-harinya kini Faiz membeli layangan karya Wahyudi untuk kembali dijual di daerah pemukimannya. 

“Di dekat rumah, lagi banyak yang suka main layangan. Jadi, ya saya manfaatkan buat cari lebihan-lebihan, dari jual layangan ini deh,” serunya Faiz saat membeli layangan. 

Dengan tren bermain layang-layang ini, tetap waspada dan selalu berhati-hati dengan menetapkan protokol kesehatan serta bermain di lingkungan yang aman, seperti di luar kawasan Bandara atau yang tidak banyak kabel listrik.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!