Rabu, 21 Maret 2018 14:43 WIB
Pjs Harapkan Aplikasi-Aplikasi Pemkot Tangerang Saling Terintegrasi

Sistem Informasi Evaluasi dan Pelaporan (SIEVLAP) yang telah dibuat oleh Pemkot Tangerang harus bisa memenuhi kebutuhan informasi laporan bagi Pemkot dan seluruh stakeholder yang ada.

Hal tersebut disampaikan Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Tangerang, M. Yusuf, dalam arahanya pada acara Sosialisasi Sistem Informasi Evaluasi dan Pelaporan (SIEVLAP) Kegiatan Fasilitasi Penerapan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Ruang Labkom BKPSDM, Gedung Cisadane, Jl. KS Tubun No. 1, Kota Tangerang, Rabu (21/3).

Aplikasi SIEVLAP berfungsi sebagai media pelaporan dari tiap-tiap PPTK terhadap proses realiasasi belanja daerah baik yang sifatnya langsung maupun tidak langsung. Dan proses realisasi yang ada telah menerapkan fungsi rekapitulasi dari kegiatan, program, urusan di tingkat dinas dan kota.

Pada acara yang dihadiri oleh 43 admin SIEVLAP di tiap OPD tersebut, M. Yusuf mengharapkan dengan adanya SIEVLAP yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Tangerang, bisa menjadi pembeda dari pelaporan-pelaporan sejenis dan bisa jadi rujukan bagi kepala daerah untuk menentukan kebijakan yang akan diambil.

"Ada LAKIP, RKPPD dan laporan lain, oleh karena itu SIEVLAP harusnya berbeda dengan laporan-laporan yang sudah ada," ujarnya.

"Karena pada dasarnya semua laporan dibuat sebagai dasar eveluasi bagi pimpinan baik di daerah maupun pusat," tegas Pjs.

Di Kota Tangerang, Aplikasi SIEVLAP telah dipergunakan sejak tahun 2015, dan pada pengembangan terakhirnya aplikasi ini telah menjadi konten dari aplikasi android Portal E-Gov. yang merupakan duplikasi seluruh fungsi yang terdapat pada versi web menuju versi mobile. Tujuannya untuk mempermudah pelaporan dan telah terintegrasi dengan data anggaran dari aplikasi aggaran SIPKD.

"Mudah-mudahan sistem ini tidak tumpang tindih dengan sistem lain yang telah ada," tukas Pjs.




Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!