Senin, 30 Maret 2020 14:15 WIB | Dibaca : 1055
Tetap Aman Donor Darah Saat Wabah Corona
Tetap Aman Donor Darah Saat Wabah Corona
Tetap Aman Donor Darah Saat Wabah Corona

Menghadapi pandemi Covid-19, Palang Merah Indonesia (PMI) telah mengeluarkan berbagai protokol atau panduan terkait pelayanan di PMI termasuk pelaksanaan donor darah. Salah satu yang terdampak adalah banyak dibatalkannya kegiatan donor darah.

Kendati demikian, Ketua Palang Merah Indonesia Kota Tangerang, Kuswarsa, memastikan mendonorkan darah tetap aman dilakukan. Masyarakat diimbau selalu menjaga kesehatan, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, cuci tangan dengan sabun, menerapkan etika bersin dan batuk.

“PMI tetap melayani pelayanan darah. Kebutuhan darah tentu tidak bisa ditunda, pasien di rumah sakit yang membutuhkan transfusi tentu harus tetap menjadi perhatian. Namun, dengan kondisi saat ini, beberapa kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh lembaga instansi ada yang dibatalkan. Tentu hal ini sangat berpengaruh dengan stok darah di PMI,” jelasnya via telepon, (30/03).

Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Tangerang, David H Sidabutar, menuturkan, kegiatan donor darah di markas maupun di luar PMI dengan mobil unit, tetap kami lakukan untuk memenuhi kebutuhan stok darah yang ada PMI Kota Tangerang meski masyarakat dibatasi untuk bepergian ke tempat-tempat keramaian.

“Kami berusaha untuk menambah stok darah dengan berbagai cara, diantaranya broadcast messages ke pendonor darah yang sudah rutin mendonorkan darahnya, membuat grup-grup media sosial pendonor darah, mengingatkan untuk donor darah kembali,” ungkap David.

Edukasi juga dilakukan kepada pendonor darah dan masyarakat, donor darah itu aman. Karena Covid-19 tidak ditularkan lewat darah donor.

Sebagai informasi, sudah ada himbauan dari Bapak Jusuf Kalla, Ketua Umum PMI, donor darah aman dari Covid-19. Selain itu, PMI Kota Tangerang, melakukan jemput bola dengan 10-20 pendonor dengan meminta dukungan komunitas-komunitas dan masyarakat untuk didatangi ke rumah-rumah atau kantor-kantor yang ada di Kota Tangerang untuk donor darah.  

“Ayo Donor Darah, bantu masyarakat yang membutuhkan, “ ajaknya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!