Rabu, 13 November 2019 13:43 WIB | Dibaca : 373
Antisipasi Calo E-KTP, Disdukcapil Gencar Jemput Bola

Antisipasi praktik calo pembutan E-KTP, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disducapil) Kota Tangerang gencar melakukan jemput bola agar menutup langkah para calo mencari keuntungan. Pasalnya, sampai saat ini, masih ada masyarakat yang melaporkan ada oknum yang membujuk untuk membuat E-KTP dengan cara cepat. 

Kepala Seksi (Kasie) Pendataan Penduduk , Disdukcapil Nurmala Asikin mengatakan, pembuatan E-KTP saat ini bisa dimana saja tanpa harus ke kantor Disdukcapil. Mulai dari stand yang ada pada saat event sampai di Kecamatan yang mempermudah masyarakat.

"Kita sengaja sering turun pada saat event di Kota Tangerang, hal itu untuk meyakinkan masyarakat bahwa membuat E-KTP sangat mudah dan tidak sesulit yang dibayangkan. Cara tersebut juga untuk menghalau para calo yang ingin mencari keuntungan kepada masyarakat yang ingin membuat E-KTP,"ujarnya.

Nurmala menambahkan, pembuatan E-KTP di Kota Tangerang gratis dan tidak ada pungutan biaya, kalaupun ada yang meminta sejumlah uang itu bukan dari Disdukcapil ataupun Kecamatan. Jadi masyarakat harus bisa menolak jika ada oknum yang menawarkan membuat E-KTP dengan jalur cepat.

Ia mengakui, masih ada masyarakat yang menggunakan suket, tetapi suket tersebut hanya bersifat sementara. Paling lama mendapatk E-KTP hanya 1 minggu mengingat blanko yang sangat terbatas.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!