Selasa, 19 November 2019 08:49 WIB
Trashrake, Solusi Pengangkutan Sampah Saluran
Trashrake, Solusi Pengangkutan Sampah Saluran
Trashrake, Solusi Pengangkutan Sampah Saluran

Trashrake atau rak sampah yang ada disaluran air saat ini, sedang dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) yang berada di saluran pembuangan Cipondoh menuju Kali Mookervart.

Adanya trashrake, untuk memudahkan penyaringan sampah yang berada di dalam saluran air tersebut. Karena nantinya trashrake sebagai pengendali banjir dan juga bisa sebagai pembersih sampah yang terbawa dari saluran Cipondoh pada saat musim hujan.

Kepala Bidang Tata Air pada Dinas PUPR Kota Tangerang, Fakri Wahyudi, mengatakan, trashrake ini sangat penting dibangun, karena mempunyai tugas melakukan penyaringan serta bisa mengangkut sampah dari dasar saluran ke pinggir saluran. Rencananya, Desember mendatang pekerjaan ini akan segera selesai.

"Jadi pada saat musim hujan, tidak ada lagi sampah yang menumpuk dari saluran Cipondoh menuju Mookervart. Jadi, sampah yang terbawa bisa diambil duluan dan memudahkan petugas dalam pembersihan, jadi tinggal angkut saja tanpa harus mengambil dari saluran Cipondoh," ujarnya, Selasa (19/11).

Fakri menambahkan, komponen utama bangunan trashrake adalah saringan sampah dan peralatan mekanis yang digunakan untuk penyaringan sampah atau benda yang berada disaluran pembuangan. Jadi, jika ada sumbatan, yang membuat saluran macet, bisa langsung dibantu oleh trashrake.

"Kenapa kita memasang jaring sampah sebagai komponen utama, karena alat ini menjadi salah satu cara penanganan sampah dan banjir. Ke depan, akan ada lagi pemasangan trashrake di beberapa wilayah, agar sampah yang masuk kesaluran bisa terangkut," paparnya.

Selain itu, melalui pembangunan Trashrake ini, Pemkot Tangerang secara bertahap berupaya melakukan penataan badan saluran Mookervart yang merupakan salah satu peninggalan sejarah. 

"Kali Mokevart adalah saksi sejarah yang dulu digunakan orang untuk masuk ke Tangerang menggunakan perahu. Makanya adanya trashrake kali Mookervart bisa diperbaiki untuk ke depan berfungsi sebagai ruang publik yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh Warga Kota Tangerang," pungkasnya.




Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!