Jumat, 9 Agustus 2019 21:28 WIB | Dibaca : 306
Puskesmas Karawaci Minta Buku Pink Dijaga

Kesadaran ibu - ibu menjaga buku pemeriksaan kesehatan ibu dan anak (buku pink) masih minim di Kota Tangerang. Hal tesebut terungkap saat petugas Puskesmas Cibodas Baru melakukan imunisasi balai warga di RW 02 Kelurahan Karawaci, Kecamatan Karawaci, Jumat (9/8) pagi yang diikuti oleh 98 balita. Akibat tidak membawa buku pink, ada beberapa bayi tidak lengkap pencatatan imunisasinya.Jika dibiarkan, hal ini dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak.

 

Bidan Puskesmas Kelurahan Karawaci Baru, Sri Wahyuningsih, mengatakan, sejatinya fungsi buku pink sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan balita serta kesehatan ibunya. Di buku tersebut, kesehatan bayi akan terpantau dan terdata pertumbuhan dan perkembangannya. 

 

“Dengan buku tersebut, bayi sejak berada di dalam kandungan hingga lahir akan dipantau. Jangan sampai bukunya di corat - coret oleh anaknya ya bu,” ujarnya ketika ditemui, Jumat (9/8). 

 

Did alam buku tersebut, sambung Tri, ibu bayi juga diedukasi mengenai cara menjaga kesehatan dan merawat organ kewanintaan. Terlebih saat ini, Pemkot Tagerang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk dapat melakukan pemeriksaan organ kewanitaan secara gratis. 

 

“Merawat organ kewanitaan sangat penting, jangan sampai nanti terkena penyakit kanker serviks,” pungkasnya



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!