Selasa, 17 September 2019 20:05 WIB | Dibaca : 534
DLH Gelar Uji Emisi Kendaraan Gratis

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengadakan uji emisi gratis bagi kendaraan pribadi dan angkutan barang.

Uji emisi gratis diadakan selama tiga hari mulai 17- 19 September 2019 di tiga lokasi, yakni Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman dan Imam Bonjol. 

Sekretaris DLH, Agus Henra Fitrahiyana mengatakan, kegiatan uji emisi salah satu upaya Pemkot dalam mendukung program langit biru yang dijalankan oleh Kementerian Lingkungan hidup. Selain uji emisi, juga terdapat kegiatan pengukuran kualitas udara pinggir jalan raya dan pengukuran kinerja lalu lintas.

"Uji emisi bertujuan mengendalikan dan menjaga kualitas udara dari sumber tercemar," ujarnya saat di temui di Jalan MH Thamrin, Selasa (17/9).

Adapun kendaraan bermotor, yang diuji adalah kendaraan bermotor berbahan bakar bensin, gas atau solar/diesel kategori penumpang dan angkutan barang.Target kendaraan untuk kategori kota metropolitan dan kota besar, jumlah data valid minimal dua ribu unit.

"Kendaraan yang mengikuti uji emisi maka akan diketahui besarnya emisi gas buang, juga mengetahui tingkat pemenuhan ambang batas emisi gas buang," ujarnya.

Dikatakannya, dengan dilakukannya uji emisi gratis, Pemkot Tangerang mengajak pengguna kendaraan bermotor untuk lebih peduli pada kualitas udara, khususnya kualitas emisi kendaraan bermotor demi mewujudkan perilaku masyarakat yang lebih sadar lingkungan serta mewujudkan kualitas udara yang sehat.

"Jika tidak lulus uji emisi, kami himbau pengguna untuk membawa kendaraannya ke bengkel," ucapnya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!