Senin, 2 September 2019 17:45 WIB | Dibaca : 630
Di Festival Al Azhom, Tong Sampah Ada Disetiap 15 Meter

Kesadaran menjaga kebersihan lingkungan memang harus dilakukan di mana pun. Tak terkecuali di Festival Al Azhom yang saat ini sedang berlangsung di Kota Tangerang. Mendorong pengunjung atau wisatawan ikut menjaga lingkungan festival tetap bersih. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menyediakan 105 tong sampah yang disediakan setiap 15 meter. 

Diketahui, 105 tong sampah terdiri dari 60 tong ukuran 110 liter, 25 tong ukuran 660 liter dan 20 dropbox an organik. DLH juga mengerahkan 82 petugas yang dibagi shift pagi dan malam hari. Sehingga, diharapkan ada sinergitas antara pengunjung dan petugas kebersihan yang sama-sama bisa menjaga lingkungan festival tetap steril dari sampah.

Dihari pembukaan Festival Al Azhom, petugas DLH berhasil mengangkut 1,8 ton sampah yang terkumpul. Sedangkan dihari kedua yaitu Minggu (1/9/2019) DLH mengangkut sampah hingga 2,5 ton. “Perkiraan kami, sampah akan meningkat lebih dari 2 ton diakhir pekan, seperti Jumat, Sabtu dan Minggu. Sedangkan hari kerja kami perkiraan sekitar 1,5 ton lebih. Petugas dan semua kelengkapan kami siagakan untuk menjaga kebersihan masjid dan sekitarnya,” Kepala Bidang Kebersihan DLH, Buceu Gartina, saat ditemui, Senin (2/9/2019). 

Ia menjelaskan, petugas kebersihan yang disiagakan secara berkala menyisir sampah yang mengotori kawasan Festival Al Azhom dan sekitarnya. Banyaknya penjual makanan, tidak menutup kemungkinan akan menghasilkan sampah yang terbuang secara sembarangan. 

 “Untuk tetap menjaga kebersihan, kami siapkan petugas khusus di lokasi Festival Al Azhom yang didukung dengan ketersediaan tong sampah sebanyak mungkin. Dimana-mana ada tong sampah dengan jarak setiap 15 meter dari satu tong sampah ke tong sampah lainnya,” jelasnya. 

Ia berharap, dengan keberadaan DLH diberbagai event Pemerintah Kota Tangerang, inisiatif dan kepedulian masyarakat Kota Tangerang terhadap kebersihan kotanya sendiri bisa meningkat. Sehingga, Kota Tangerang lebih layak huni dan nyaman dihuni semua masyarakat Kota Tangerang maupun bagi para pengunjung yang datng ke Kota Tangerang.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!