Kamis, 3 Oktober 2019 13:24 WIB | Dibaca : 422
Cara Pemkot Dukung Program Nasional KB

Sebanyak 23.379 masyarakat Kota Tangerang pada tahun 2019, telah menjadi peserta Keluarga Berencana (KB) Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Demikian disampaikan, Kepala seksi jaminan dan pembinaan kesertaan keluarga berencana pada DP3AP2KB, Wawan Waluyo, disela Sosialisasi MKJP, Kamis (03/10).

Dirinya juga berucap, jumlah partisipasi peserta KB MKJP salah satu upaya Pemkot Tangerang dalam mendukung program nasional KB.

Kegiatan yang dilakukan berupa sosialisasi klinik KB di Puskesmas, sosialisasi ke masyarakat serta kegiatan pelayanan yang melibatkan unsur lainnya yakni IBI, TNI, dan PKK.

"Kami mendorong pasangan usia subur baik yang sudah menggunakan KB ataupun belum dapat beralih ke program KB MKJP," ujarnya.

Menurutnya, KB MKJP berupa pemasangan KB jenis implant dan Intra Uterine Device (IUD), mempunyai keunggulan dari KB lainnya karena lebih efisien dan digunakan dalam waktu yang lama. Peserta pun dapat lebih matang dalam mengatur jarak kehamilan.

"MKJP turut mendukung menurunnya angka Total Fertilitas Rate (TFR) atau angka fertilitas total yakni jumlah anak rata-rata yang akan dilahirkan seorang perempuan pada akhir masa reproduksinya, tahun ini sebesar 2,1 menurun dari sebelumnya di angka 2,4," ujarnya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!