Selasa, 16 Juli 2019 22:55 WIB | Dibaca : 756
Olahan Kain Perca Kota Tangerang, Tembus Pasar Perhotelan
Olahan Kain Perca Kota Tangerang, Tembus Pasar Perhotelan

Tak bisa diam dan jeli melihat peluang. Menghantarkan Lusi Herawati, warga Karang Tengah menjadi seorang pengrajin kain limbah atau biasa disebut kain perca, yang kini sukses di pasar perhotelan.

Memiliki kemampuan menjahit, ditangan Lusi, kain perca bisa menjadi karya-karya yang cantik. Mulai dari dompet, pouch hingga beragam model tas. Usaha kain perca yang diberi nama Laksmi Craft ini, didirikan pada 2016.

"Awalnya, coba bikin itu untuk diri sendiri dulu. Ada temen yang lihat saya pakai, ada yang tertarik akhirnya pesen. Disitu awal mulai menjajaki produk ini ke temen-temen," tutur Lusi Herawati.

Kata Lusi, marketing pemasaran dari mulut ke mulut para ibu-ibu, sangatlah efektif bagi pertumbuhan usahanya. Hingga menerima banyak orderan, beragam pesanan suvenir Lusi pun merambah ke pasar online.

"Kegelisahan sebagai pedagang harus terus ada. Disaat itu, kegelisahan saya harus bisa masuk pasar perhotelan. Berbagai cara saya lakukan," katanya.

Mulai dari memperluas jaringan, mengikuti berbagai pelatihan UKM dari Kota Tangerang. Meningkatkan kualitas produk, pengemasan, label hingga mempatenkan perca kain batik yang digunakan sebagai ciri khas.

"Ditolak beberapa hotel ditahap awal saya rasakan. Tapi alhamdulillah setelah melakukan peningkatan standar kualitas. Dari bahan, label, pengemasan dan bentuk. Produk saya sudah masuk pasar perhotelan di Kota Tangerang," jelas Lusi.

Diketahui, produk Laksmi Craft kini menjadi suvenir-suvenir di hotel-hotel di Tangerang. Salah satunya Hotel Alium, untuk pemesanan bahkan sudah sampai Bali. Omset belasan juta, setiap bulannya berhasil dikantongi wanita Karang Tengah ini.

Diketahui, produk Laksmi Craft dibandrol mulai dari Rp35 ribu hingga Rp150 ribu, tergantung model dan proses pembuatan. Pemesan bisa langsung mengunjungi gerai Laksmi Craft di Komplek Keuangan Jl. Ambulombo 3 No. 12 Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Karang Tengah.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!