Senin, 5 November 2018 00:00 WIB
Kampung Iklim yang Meraih Prestasi Nasional
Kampung Iklim yang Meraih Prestasi Nasional

Pemerintah Kota Tangerang terus meningkatkan peran aktif masyarakat dalam membangun kotanya melalui kepedulian terhadap lingkungan tempat tinggalnya. Salah satu wilayah yang aktif ialah kelurahan Pabuaran Tumpeng, yang dari kampung PHBS kini menjadi kampung iklim.

Lurah Pabuaran Tumpeng, Ujang mengatakan, peran serta masyarakat terhadap lingkungan sangatlah di perlukan terlebih untuk mengwujudkan pemukiman yang layak huni sesuai dengan arahan Walikota Tangerang Arief R Wismansyah.

"Mengajak untuk tergeraknya masyarakat terhadap lingkungan tidaklah mudah. Kami selalu berupaya memberikan pemahaman dan sosialisasi kebersihan dan program PHBS," paparnya.

Terbentuknya Kampung Iklim di Kelurahan Pabuaran Tumpeng ini berawal dari menerapkannya program PHBS. Darisitu, akhirnya, masyarakat secara bersama sama pun ingin menguwujudkan kampungnya menjadi kampung yang bersih.

“Masyarakat pun berbondong bondong mengajak warga lainnya dan memberikan sosialisasi langsung hingga menjalar memberikan sosialisasi ke tingkat RT,”imbuhnya.

Dilokasi pabuaran tumbeng ini pun terdapat TPST (tempat pembuangan sampah terpadu) yang dapat mencapai kapasitas sebanyak 400 kiloggram yang peran serta pemerintah kota Tangerang pun tak luput memberikan sarana dan prasarana, seperti dibuatkanya tanggul karena dilokasi ini dahalunya rutin terkena banjir, dan disediakannya biopori untuk resapan air.

Ujang menambahkan, para lansia pun ikut aktif berperan langsung dalam pemilahan sampah ,hingga pengambilan sampah di rumah runah dengan pola yang unik. Mereka bersama sama berjalan mengitari kampung dengan membawa grobak sampah sambil bernyanyi menggunakan rebana. Hal ini di tunjukan agar tingkat kepedulian masyarakat tergugah.

Kini, warga mulai aktif pada kegiatan penataan lingkungan bersama masyarakat dengan mengadakan kerja bakti RT RW dan melakukan pengolaan sampah bersama. Kampung yang dimulai dengan program PHBS ini berhasil menjadi Kampung PBHS kemudian berubah menjadi kampung iklim dan berhasil meraih penghargaan hingga tingkat nasional dalam rangka HARI AKSI PENGENDALIAN PERUBAHAN IKLIM yang diberikan langsung oleh kementrian dan kehutanan RI.

"Pada awalnya kami tidak mengharapkan apapun kami bersama warga fokus menata dan berfikir bagaimana menata lingkungan kami dapat nyaman dan asri, dan atas penghargaan yang kami dapatkan hal itu menjadi suatu kebangaan bahwa kami dapat membawa nama baik kota Tangerang," ujarnya.




Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!