Rabu, 31 Oktober 2018 00:00 WIB | Dibaca : 587
Dinkes Gelar Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Jelang Pernikahan
Dinkes Gelar Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Jelang Pernikahan

Dinas Kesehatan Kota Tangerang melakukan penyuluhan kesehatan reproduksi bagi warga yang akan menikah atau calon pengantin dan menuju menjadi ayah dan ibu.

Pengecekan kesehatan reproduksi pranikah ini di anjurkan agar para calon pengantin dapat mengetahui kesehatan baik pada laki laki dan perempuannya.

Selain itu pada punyuluhan ini pun para calon pengantin diberikan cara pola asuh anak. Hal ini agar pasangan yang telah menikah tersebut tak hanya memikirkan kebahagian memiliki buah hati tetapi juga cara pola asuh. Sehingga, anak yang menjadi impian tersebut mendapatkan pendidikan yang baik sejak dini serta mendapatkan keturunan yang didambakan.

Kepala Bidang Bina Kesehatan Masyarakat, drg Visa menuturkan setiap pasangan yang akan menikah harus memiliki bekal dan pengetahuan dari mulai urusan agama hingga pola mengasuh anak.

"Karena mengetahui kesehatan reproduksi sangatlah penting. Terlebih para calon pengantin untuk kelangsungan keturunan, maka itu diadakan penyuluhan reproduksi disetiap kelurahan"jelasnya.

Dijelaskannya, kegiatan sosialisasi dilaksanakan di Kantor Urusan Agama (KUA) setiap kecamatan. Peserta yang ingin memperoleh penyuluhan ini maka bisa daftar melalui Kelurahan.

Ditambahkannya, sosialisasi atau penyuluhan seperti ini sangat penting seiring masih adanya informasi berkaitan dengan adanya kasus kemandulan atau lambatnya mendapatkan keturunan.

Pada penyuluhan ini pun para peserta melakukan uji coba pengetesan mulai dari kesehatan, peserta akan diberikan obat melalui suntik oleh dinas kesehatan.

Setelah dilakukan pengecekan kesehatan, para peserta yang belum menikah pun dilakukan uji coba cara membaca ijab khobul. Setelah itu peserta akan diberikan materi berupa KDRT dan lainnya.

“Program penyuluhan kepada calon penganti saat ingin menikah tidak hanya hak kewajiban urusan agama saja. Tapi, tentunya harus berkelanjutan terlebih di jajaran Dinkes untuk memberikan penyuluhan terhadap pola asuh anak setelah menjadi ayah dan ibu saat memperoleh anak,” ujarnya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!