Selasa, 16 Oktober 2018 00:00 WIB | Dibaca : 405
Disperindag Bantu Ratusan IKM Kemasan Produk
Disperindag Bantu Ratusan IKM Kemasan Produk
Disperindag Bantu Ratusan IKM Kemasan Produk

Pertumbuhan Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kota Tangerang begitu pesat. Maka itu label sebagai Kota Seribu Industri pun disematkan kepada kota yang menjadi kota yang berbatasan langsung dengan Ibu Kota DKI Jakarta.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang Agus Sugiono mengatakan, keberadaan IKM dapat memberikan peningkatan ekonomi bagi daerah maupun masyarakat sekitar.

Pembinaan pun dilakukan oleh Disperindag sebagai OPD yang bertanggung jawab dalam pengembangan IKM tersebut. Sebagai bentuk komitmen yang dijalankan adalah dengan memberikan sertifikat halal kepada pelaku IKM.

Hal ini dilakukan agar pelaku IKM tersebut dapat terus mengembangkan usaha yang dilakukan dan produk yang dikeluarkan pun terjaga dengan kualitas serta sertifikat halal yang telah dikantonginya.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang pun setiap tahunnya memberikan sertifikat halal kepada pelaku IKM. Pada tahun 2018 ini, ada 205 pelaku IKM yang merupakan penjual bakso dan Laksa mendapatkan sertifikat halal.

"Tentu dengan adanya sertifikasi tersebut diharapkan para pelaku IKM Kota Tangerang mampu memajukan produknya," tegasnya.

Kepala Bidang Perindustrian yakni Wawan Kuswanto melanjutkan, tak hanya itu setelah dibantu sertifikasi halal pihaknya juga membantu dalam membuatkan kemasan produk.

"Kami berikan pelatihan nanti pada tanggal 22 Oktober 2018 yakni pelatihan membuat desain kemasan produk. Kami datangkan narasumber yang berkompeten di bidangnya kemudian nanti kemasan produk itu kami cetakan," ungkapnya.

Ia mengatakan, untuk kemasan produk yang nanti dibuatkan setiap pesertanya diberikan 1000 lembar kemasan produk. Dicontohkan misalnya peserta IKM Laksa, dibuatkan kemasan produk jika makanannya untuk dibawa pulang.

"Tentu kemasan merupakan bagian yang penting, oleh karena itu kami tekankan agar peserta binaan juga memperhatikan ini. Setelah kami berikan pelatihan dan kemasan produk kedepannya mereka bisa berkembang dan produknya jadi semakin laris dan dikenal," pungkasnya.**



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!