Kamis, 20 September 2018 00:00 WIB | Dibaca : 403
Empat Program Unggulan Kecamatan Karawaci
Empat Program Unggulan Kecamatan Karawaci

Kecamatan Karawaci memiliki empat program unggulan dalam pemberdayaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yakni Kampung wisata, Pengelolaan zakat, Koperasi dan UKM.

Camat Karawaci, Suli Rosadi mengatakan, program pengembangan kampung wisata dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebab potensi kearifan lokal yang dimiliki akan mengundang wisatawan sehingga menghidupkan perekonomian warga setempat.

"Pengembangan Kampung Wisata tidak sekedar mengikuti program PHBS namun berkelanjutan dengan mendorong kearifan lokal menjadi potensi unggulan," ujarnya.

Saat ini, terhitung sudah ada lebih dari 10 lokasi PHBS yang menjadi kampung tematik dan punya ciri khas tersendiri.

"Ada Kampoeng Markisa, Greenpul, Baraya, Hidroponik, sampai Kampung Kunyit dan masih banyak lainnya. Mereka masing-masing punya prestasi di tingkat kota dan provinsi dalam perlombaan PHBS,” kata Camat Karawaci Suli Rosadi.

Kampung PHBS diharapkan dapat mengubah pola hidup masyarakat lebih bersih dan menjadikan pemukiman mereka layak huni.

“Kedepannya kita mendorong masyarakat mengembangkan jadi destinasi wisata yang layak dikunjungi. Dilengkapi pasar agar warga dan pegiat UKM setempat dapat menikmati hasilnya,” ujar Suli.

Ia menjelaskan program kampung wisata berkorelasi dengan UKM dan Koperasi sebab melalui keduanya masyarakat diberdayakan untuk mengembangkan potensi kearifan lokal yang dimiliki.

"Masyarakat yang sudah memiliki usaha maupun keterampilan akan didampingi tim UKM untuk diajari terkait pengembangan produk dan usaha, Kemudian terkait permodalan akan dibantu melalui koperasi," paparnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Rina Hernaningsih mengatakan, kampung tematik telah menjadi tempat edukasi masyarakat dan meningkatkan kunjungan wisawatan.

Maka itu, Pemkot Tangerang terus mendorong terbentuknya kampung tematik di wilayah agar membantu Pemkot dalam mewujudkan Kota Layak Dikunjungi.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!