Selasa, 11 September 2018 00:00 WIB | Dibaca : 3292
Alat Musik Tehyan, Kebudayaan Neglasari Terkenal Se-Indonesia
Alat Musik Tehyan, Kebudayaan Neglasari Terkenal Se-Indonesia
Alat Musik Tehyan, Kebudayaan Neglasari Terkenal Se-Indonesia

Wilayah Kecamatan Neglasari yang terletak di bagian utara Kota Tangerang dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Tangerang di sebelah utara dan barat, memiliki luas 16.08 kilometer.

Wilayah ini terdiri dari tujuh Kelurahan dengan jumlah penduduk 128.444 orang yang terbagi dalam 50 RW dan 245 RT. Wilayah Neglasari pun memiliki keunikan karena terdiri dari beragam budaya namun tetap mengusung persatuan dan kesatuan.

Di Neglasari pun terdapat alat musik tradisional yang terkenal hingga di Nusantara Indonesia. Alat musik tersebut adalah Tehyan dan biasa dimainkan oleh keturunan Tionghoa dalam setiap acara kebudayaan seperti gambang kromong dan ondel-ondel.

Camat Neglasari, Ubaidillah Ansar menuturkan jika alat musik yang dibuat oleh Bapak Goyong tersebut, sudah terkenal hingga luar daerah. Maka itu, tak heran jika warga Neglasari ini dikenal di berbagai daerah di Indonesia.

"Disini ada pengrajin tehyan yang terkenal se Indonesia yakni pak Goyong, Banyak pembeli dari berbagai daerah membeli tehyan buatan pak Goyong," ujarnya.

"Kita harapkan, kebutuhan air bersih di wilayah ini terpenuhi. Mengingat pertumbuhan ekonomi di wilayah ini pun sangat baik," ujarnya.

Sementara itu, Goyong sebagai pembuat alat Musik Tehyan menuturkan jika alat buatannya tersebut merupakan alat musik khas china.

Biasanya dirinya menjual alat musik tersebut dengan harga Rp300 ribu hingga Rp1 juta. Hal itu tergantung dari jenis yang diminta. Sebab banyak bentuk dan modelnya.

"Banyak yang pesan dari berbagai daerah di Indonesia. Sebab ini alat musik tradisional khas jadi tidak banyak yang menjual," ujarnya.

Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin mengatakan, potensi di wilayah Kecamatan Neglasari sebagai role model dalam mengusung persatuan dan kesatuan karena banyak beragam budaya tetapi tetap menjaga kebersamaan.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!