Rabu, 5 September 2018 00:00 WIB | Dibaca : 536
Aplikasi SEGAR Sajikan Harga Bahan Pokok Up To Date
Aplikasi SEGAR Sajikan Harga Bahan Pokok Up To Date

Perkembangan teknologi dan informasi, mendorong Pemerintah Kota Tangerang untuk menyiapkan kebutuhan masyarakat secara cepat diantaranya dalam bidang ekonomi perdagangan.

Berbagai aplikasi pun berhasil dibuat diantaranya adalah Aplikasi SEGAR (Sistem Informasi Harga Bahan Pokok). Aplikasi ini dibuat oleh Dinas Kominfo yang bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta PD Pasar.

Aplikasi yang masuk dalam Portal Tangerang LIVE tersebut, menyajikan daftar harga komoditas bahan pokok di enam pasar tradisional diantaranya Pasar Anyar, Pasar Bandeng, Pasar Jatiuwung, Pasar Malabar, Pasar Poris dan Pasar Ramadani.

"Ini salah satu inovasi kami dalam bidang ekonomi perdagangan agar warga yang berbelanja mengetahui setiap harga bahan pokok. Jadi bisa membawa uang secukupnya ke pasar," kata Euis Nurlaila sebagai Kepala Bidang Pengembangan Aplikasi Pelayanan Publik.

Ia juga menjelaskan, aplikasi SEGAR telah banyak diadopsi oleh sejumlah Kabupaten/Kota yang melaksanakan kerjasama pengembangan Smart City.

"Ini sangat membantu sekali bagi Pemda dalam melihat perkembangan kenaikan harga bahan pokok," paparnya.

Dirut PD Pasar Kota Tangerang, Tietin Mulyati menambahkan, aplikasi ini bisa membantu warga dalam melihat perkembangan harga bahan pokok disaat kondisi ekonomi saat ini. Dengan begitu maka masyarakat bisa membawa uang sesuai kebutuhan.

Dirinya juga menuturkan, PD Pasar akan melakukan kontrol terhadap ketersediaan bahan pokok agar tak terjadi penimbunan dan kelangkaan. "Kota Tangerang sebagai suplier untuk kebutuhan bahan pokok di beberapa daerah. Jadi kita harus melakukan pengawasan secara ketat," ujarnya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!