Selasa, 4 September 2018 00:00 WIB | Dibaca : 464
Sabet Banyak Penghargaan Dari Inovasi Menggerakan Masyarakat
Sabet Banyak Penghargaan Dari Inovasi Menggerakan Masyarakat

Segudang penghargaan telah diraih Pemerintah Kota Tangerang dalam lima tahun terakhir. Tercatat, ada puluhan penghargaan mulai dari tingkat Nasional hingga Internasional yang disabet.

Bahkan, ada juga penghargaan untuk Kepala Daerah karena inovasi yang dilakukannya dalam pembangunan yaitu melibatkan peran serta masyarakat. Oleh karena itu, setiap penghargaan yang diraih adalah hasil kerja bersama dan merupakan hadiah bagi masyarakat.

Dan yang terbaru adalah penghargaan Kepala Daerah Inovatif yang diraih Walikota Tangerang Arief R Wismansyah dan diserahkan oleh Dirjen Otonomi Daerah Sumarsono. Penghargaan tersebut ternyata beruntun yang diperoleh juga di tahun - tahun sebelumnya. Penghargaan lainnya adalah bidang kebersihan, lingkungan, Smart City dan UMKM. Semuanya itu adalah hasil sinergi antara masyarakat dan pemerintah dalam membangun kota.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, peran serta masyarakat dalam pembangunan memiliki manfaat yang sangat luas untuk keberhasilan suatu program. Oleh karena itu, banyak program yang dijalankan saat ini dengan peran serta warga. Misalnya saja pembangunan bedah rumah, pembangunan drainase dan juga pembentukan kampung tematik. Warga diajak bersama - sama dengan pemerintah melalui kecamatan dan kelurahan serta dinas teknis untuk merumuskan pembangunan yang akan dilaksanakan. Sehingga sasaran yang akan dituju, sesuai target.

"Jadi, pembangunan yang kita lakukan selalu melibatkan peran warga mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi. Karena sasaran kami adalah warga maka kita libatkan secara langsung agar keinginan yang diinginkan bisa diwujudkan dan diselaraskan dengan program yang telah dibuat," ujarnya.

Walikota pun menambahkan, Pemkot membuka layanan bagi warga dalam memberikan aspirasi sebagai bahan evaluasi untuk kerja pemerintah kedepannya. Kemudian, Camat dan Lurah pun diminta aktif dalam menyerap masukan dari masyarakat. "Serap aspirasi warga apapun itu dan jadikan bahan masukan untuk d tinddak lanjuti," ujarnya.

Wakil Walikota Tangerang H. Sachrudin menuturkan, kerjasama adalah kunci dari keberhasilannya program yang disusun. Sinergisitas yang selama ini telah dibangun bukan menjadi kepuasan tetapi harus dipertahankan dan tingkatkan.

Permasalahan kota yang semakin kompleks dan membutuhkan kecepatan harus diimbangi dengan kerjasama yang erat. Maka itu, warga sebagai sasaran akhir dari program yang disusun harus dilibatkan untuk mengetahui kebutuhannya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!