Jumat, 24 Agustus 2018 00:00 WIB | Dibaca : 1292
Tangani Gawat Darurat, Dinkes Perbanyak Mobil Ambulance Smart 119
Tangani Gawat Darurat, Dinkes Perbanyak Mobil Ambulance Smart 119
Tangani Gawat Darurat, Dinkes Perbanyak Mobil Ambulance Smart 119

Penyediaan layanan kesehatan melalui mobil ambulance gratis menjadi unggulan yang diterapkan Dinas Kesehatan Kota Tangerang. Selain membantu warga yang membutuhkan pertolongan dan menekan anggaran karena tak dipungut biaya atau gratis, ketersediaan ambulance pun bagian dari percepatan pelayanan.

Di Kota Tangerang, mobil ambulance gratis yang disiapkan oleh Dinas Kesehatan ada dua jenis yakni mobil Ambulance umum dan Mobil Ambulance Smart 119. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Liza Puspadewi mengatakan, mobil ambulance Smart 119 berfungsi untuk memberikan pelayanan dari fasilitas kesehatan satu ke fasilitas kesehatan lainnya.

Mobil ambulance Smart 119 dikhususkan untuk penanganan pasien dengan kondisi gawat darurat. Maka itu, mobil ini dilengkapi dengan sejumlah peralatan medis seperti alat bantu nafas, ICU dan detak jantung.

Dr Liza juga menambahkan, karena khususnya Mobil Ambulance 119 maka tenaga medis yang mendapatkan tugas pun memiliki sertifikat seperti perawat dan driver. Mengingat begitu pentingnya kendaraan pelayanan ini maka Dinas Kesehatan menargetkan untuk menyiapkan di setiap kecamatan.

Saat ini, Dinas Kesehatan Kota Tangerang memilii tiga unit mobil ambulance Smart 119 dan dalam waktu dekat akan bertambah menjadi empat unit. Nantinya, mobil ambulance itu akan dibagi ke dalam empat wilayah yakni Barat, Timur, Tengah dan Pusat.

Sejak diluncurkan setahun lalu, mobil ambulance Smart 119 telah banyak dimanfaatkan warga dalam penanganan gawat darurat. "Masyarakat bisa menghubungi layanan ini dengan menghubungi call center 119," ujarnya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!