Rabu, 15 Agustus 2018 00:00 WIB
BLK Siapkan SDM Terlatih dan Penempatan Tenaga Kerja
BLK Siapkan SDM Terlatih dan Penempatan Tenaga Kerja
BLK Siapkan SDM Terlatih dan Penempatan Tenaga Kerja

Upaya Pemerintah Kota Tangerang dalam menekan angka pengangguran adalah dengan membuat Balai Latihan Kerja (BLK). Tak hanya satu lokasi, tetapi dibuat di setiap kecamatan. Beragam pelatihan kejuruan pun disiapkan termasuk juga dengan penempatan kerja.

Hingga awal tahun 2018, Pemerintah Kota Tangerang telah memiliki empat lokasi BLK yakni di Kecamatan Cibodas, Larangan, Benda dan pusat di Tangerang. Masyarakat yang ingin mendapatkan pelatihan di BLK pun cukup membawa syarat seperti KTP, KK dan juga ijazah terakhir untuk kemudian ditempatkan sesuai kejuruan.

Deden Suliana, Kepala UPTD BLK Kota Tangerang mengatakan jika setiap BLK memiliki berbagai kejuruan seperti halnya di BLK Kecamatan Cibodas yang terdapat delapan jenis kejuruan diantaranya Menjahit Pakaian, Montir sepeda motor, montir mobil, las, teknik pendingin, komputer, perhotelan dan satpam. Berbagai kejuruan tersebut, dibagi dalam 18 angkatan dengan total peserta pelatihan yakni sebanyak 380 orang.

Deden mengatakan, setiap peserta akan mendapatkan pelatihan selama satu bulan sejak pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB tanpa dipungut biaya. Usai mengikuti pelatihan, peserta yang dinyatakan memenuhi syarat kebutuhan perusahaan maka akan segera mungkin disalurkan.

Sedangkan untuk yang ingin berwirausaha sendiri di rumahnya maka akan dibantu dalam proses marketing agar usahanya berkembang dan memberikan peningkatan ekonomi. "Pelatihan yang kita berikan disesuaikan dengan kebutuhan industri. Maka itu, warga yang ingin memiliki keterampilan maka bisa mengikuti pelatihan di BLK," ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang tahun 2018 menunjukan data untuk program peningkatan kualitas dan produktifitas tenaga kerja dalam besaran tenaga kerja yang mendapatkan pelatihan berbasis kompetensi dari tahun 2014 hingga 2017 telah melebihi target. Begitu juga dengan besaran tenaga kerja yang mendapatkan pelatihan berbasis kewirausahaan dan tingkat pengembangan balai latihan kerja daerah dari tahun 2014 hingga 2017 mencapai target.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Rakhmansyah mengatakan jika saat ini berbagai program terus ditingkatkan dalam membantu penyerapan tenaga kerja seperti Job Fair, pelatihan di BLK, aplikasi informasi kerja online dan juga pelatihan kewirausahaan lainnya.

"Angka pengangguran terbuka di Kota Tangerang dari tahun 2015 tercatat delapan persen dan 2016 berhasil turun menjadi tujuh persen," ujarnya.




Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!