Rabu, 15 Agustus 2018 00:00 WIB | Dibaca : 928
Fasilitas Lengkap, Warga Antusias Mendapatkan Pelayanan Di Puskesmas
Fasilitas Lengkap, Warga Antusias Mendapatkan Pelayanan Di Puskesmas
Fasilitas Lengkap, Warga Antusias Mendapatkan Pelayanan Di Puskesmas

Pembangunan sejumlah puskesmas di wilayah yang dilakukan dalam tiga tahun terakhir, dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi warga dan percepatan pelayanan kesehatan dari Pemerintah dalam bidang kesehatan.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Tangerang hingga awal tahun 2018, di Kota Tangerang sudah ada tiga unit Puskesmas UGD 24 Jam, 12 unit puskesmas UGD 24 Jam dan Persalinan, satu unit puskesmas rawat inap, 33 unit puskesmas keliling dan enam unit puskesmas pembantu.

Salah satunya adalah Puskesmas Rawat Ianp 24 Jam di Panunggangan Barat Cibodas yang telah beroperasi sejak tanggal 18 Januari 2018 lalu. Di puskesmas tersebut, dilayani IGD 24 Jam maternal, Poli KIA/KB konseling Gizi, sanitasi Lansia penagan. Lalu ada juga poli untuk pasien penderita penyakit tidak menular seperti sipertensi dan diabetes minipus.

Kepala Tata Usah Puskesmas Panunggangan Barat, Mimin Ratnawati mengatakan banyak warga yang memanfaatkan pelayanan di puskesmas saat ini. Sebab sudah didukung dengan fasilitas yang mendukung seperti laboratorium untuk pengecekan darah, urine hingga layanan ambulance.

Kemudian, proses administrasi untuk mendapatkan pelayanan pun sangat mudah yakni dengan menunjukan kartu BPJS Kesehatan. Sedangkan bagi yang belum memiliki akan tetap dilayani untuk penanganan pertama dan selanjutkan harus dilengkapi dengan kartu BPJS.

"Mendapatkan pelayanan kesehatan adalah hak setiap warga. Maka itu kita lengkapi sarana dan kemudahan dalam prosesnya. Ini bagian dari bentuk pelayanan kepada warga dan mewujudkan Kota sehat," paparnya.

Kepala Dinas Kesehatan dr Liza Puspadewi menuturkan, masyarakat tak harus datang ke RS untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Saat ini, sejumlah puskesmas sudah bisa melayani. Kedepannya, jumlah puskesmas pun akan ditambah karena menjadi garda terdepan dalam melayani kesehatan.

Walaupun demikian, pihaknya mengajak warga untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat mulai dari diri sendiri dan lingkungan. "Pembentukan kampung PHBS adalah program kami dalam mengajak warga hidup bersih dan sehat," paparnya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!