Minggu, 20 Mei 2018 00:00 WIB | Dibaca : 304
Sambut Hari Besar Keagamaan, Disperindag Koordinasi Terkait Ketersediaan dan Stabilisasi Harga Bahan Pokok
Sambut Hari Besar Keagamaan, Disperindag Koordinasi Terkait Ketersediaan dan Stabilisasi Harga Bahan Pokok

Kepala Dinas Perdagangan Kepala Kota Tangerang, Agus Sugiono menjelaskan, dalam rangka persiapan menjelang hari besar keagamaan nasional (HBKN), Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait yaitu Dinas Ketahanan Pangan, PD Pasar dan Bulog dalam hal ketersediaan stok dan stabilisasi harga bahan pokok. Selain itu kordinasi juga dilakukan dengan Pertamina dan Hiswana Migas Tangerang Raya terkait dengan ketersediaan stok bbm dan elpiji.

“Alhamdulillah Pertamina dan Hiswana sudah melakukan persiapan dengan menyiapkan tambahan stok elpiji dan kebijakan agen siaga. Kami juga akan berkoordinasi untuk melakukan intervensi khususnya elpiji apabila terjadi kelangkaan di wilayah kota Tangerang. Diharapkan dengan koordinasi yang baik ini, masyarakat kota tangerang dapat menjalankan ibadah puasa dan hari raya Idul Fitri dengan aman dan lancar,” katanya.

Sementara Ketua Hiswana Migas DPC Tangerang Whari Prihartono menambahkan pihaknya siap untuk menjamin ketersediaan elpiji dengan adanya pangkalan siaga di sejumlah titik. “Kami sebagai pengusaha yang menjual elpiji sudah berkordinasi dengan Pertamina dan Disperindag untuk menjamin ketersediaan elpiji selama Ramadhan dan Idul Fitri,” katanya, Kamis (17/5/2018).

Sebelumnya juga Pertamina Marketing Operation Region III menjamin kecukupan elpiji di wilayah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan selama Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H. Meskipun memperkirakan adanya kenaikan permintaan, namun Pertamina telah mengantisipasinya dengan sejumlah strategi. Menurut Unit Manager Communication & CSR MOR III Dian Hapsari Firasati permintaan LPG 3kg di wilayah tersebut pada masa satgas (H-15 hingga H+15) diperkirakan naik sekitar 24 persen dibandingkan kondisi normal harian.

“Untuk mengantisipasi hal tersebut, Pertamina telah melakukan penambahan stok. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, pasokannya akan cukup,” ujarnya. Tak hanya penambahan stok, namun sejumlah pangkalan disiapkan sebagai pangkalan siaga. Untuk wilayag Tangerang ini ada sekitar 595 pangkalan siaga yang akan tetap buka meski saat libur. “Beberapa titik yang termasuk pangkalan siaga adalah SPBU dan minimarket modern. Jadi masyarakat bisa dengan mudah menemukan elpiji,” tambahnya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!