Selasa, 15 Mei 2018 00:00 WIB | Dibaca : 461
Masyarakat Ikuti Pawai Obor Jelang Ramadhan
Masyarakat Ikuti Pawai Obor Jelang Ramadhan
Masyarakat Ikuti Pawai Obor Jelang Ramadhan

Menjelang bulan suci Ramahdhan sebagian warga di Kota Tangerang melangsungkan pawai obor. Kecamatan Karang Tengah salah satunya, ratusan warga berbondong – bondong mengikuti pawai obor dan mengelilingi lingkungan sekitar.

Pawai obor diikuti oleh seluruh kalangan, mulai dari lansia, pemuda, remaja, sampai anak-anak. Pengendara yang melaju searah dengan peserta pawai pun terpaksa memperlambat laju kendaraan, meski tak sampai menyebabkan macet. Salah seorang warga Hidayat mengaku, kegiatan pawai obor tersebut sudah menjadi kebiasaan rutin warga Karang Tengah setiap jelang Ramadan. Menurutnya hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kebahagiaan atas datangnya bulan yang penuh berkah ini.

“Setiap menjelang Ramadan, warga selalu menyambutnya dengan pawai obor seperti ini. Kami setiap tahun rutin kok,” katanya Senin, (14/5/2018). Bahkan, tidak hanya jelang Ramadan, prosesi ini juga dilakukan saat menyambut Tahun Baru Islam. Sejatinya, pawai obor bukan sekadar menghidupkan tradisi tetapi juga sarat makna Islami.

“Tujuan utamanya mengingatkan warga akan datangnya bulan Ramadan sekaligus mempersiapkan diri. Baik secara fisik dan mental dalam menjalankan ibadah puasa,” ucapnya.

Dia menambahkan untuk mengikuti pawai obor ini masyarakat yang membawa anak kecil boleh mengikuti dan mengawal berjalannya pawai tersebut. Selain itu dalam perjalanan yang cukup jauh dirinya mengaku panitia menyiapkan tim medis.

“Ada tim medis dan juga aparat yang ikut mengawal. Jadi kalau ada yang sakit dan tidak kuat bisa langsung sigap ditangani,” ujarnya.



Artikel Terkait


Komentar

Pastikan Google Captcha Sudah Tercentang !!!