Warga Manfaatkan Acara Musrembang Dalam Memasarkan Produk UKM

Kamis, 14 Februari 2019

‌‌‌Musrembang yang digelar kecamatan Cipondoh selain digunakan untuk menyampaikan aspirasi, momentum tersebut juga dimanfaatkan warga sekitar untuk memasarkan beragam produk UMKM.

 

Mulai dari keripik makaroni, keripik singkong hingga hidangan khas Cipondoh yakni pindang bandeng dipasarkan pada kesempatan tersebut.

 

Heni ketua Posyandu kelurahan Cipondoh indah yang dipercaya menjadi ketua UMKM di kelurahan tersebut mengaku, dalam kegiatan tersebut dirinya mendapatkan keuntungan hingga tiga juta rupiah.

 

“Alhamdulillah kalau dijadikan satu kita dapat angka segitu, kita sih targetnya sekitar 4 jutaan,”kata Heni kepada wartawan kamis (14/2) kemarin.

 

Ia mengaku keuntungan yang didapat tersebut, rencananya akan kembali digunakan untuk mengembangkan usaha kulinernya tersebut.

 

“Rencananya sih mau dipake buat modal lagi,”jelas Heni.

 

Ia mengaku, keberhasilan usaha kuliner yang dirintisnya tersebut tidak terlepas dari campur tangan pemerintah dalam mendukung dan memfasilitasinya dalam memasarkan produk - produknya.

 

“Alhamdulillah pak camat memberikan perhatian dan disetiap kesempatan kegiatan kecamatan, kami selalu diberikan tempat untuk memasarkan produk kami,”ucapnya.

 

Disamping itu, ia mengaku telah mengikuti berbagai pelatihan yang digelar oleh pemerintah untuk meningkatkan omset penjualannya.

 

“Sering banget ikut pelatihan, ya itung itung bantu bapaknya cari uang,”kata Heni.

 

Ia menambahkan, pelatihan Usaha peningkatan penghasilan keluarga menjadi faktor yang dominan dalam memasarkan produk - produknya.

 

“Kita kan jualan kripik, kerupuk bawang dan makanan lainnya, nah dipelatihan itu kita diajarkan untuk menjadikan kuliner yang kami jual semenarik mungkin misalnya kemasan dibuat elegan,”tuturnya.

 

Sementara Kiki Wibhawa camat Cipondoh menjelaskan pihaknya sengaja memberikan kesempatan dengan memfasilitasi kelompok masyarakat untuk menciptakan UMKM yang berdaya saing.

 

“Lokasi musrembang pada kali ini dikampung tematik salahsatu tujuan dari pembangunan kampung tematik itu bagaimana kampung tersrbut dapat berdaya guna, upaya kami adalah UP2K bisa muncul dan diperkenalkan kepada masyarakat,”jelasnya.

 

Disisi lain, dengan menfasilitasi warganya untuk mempromosikan produk - produknya diharapkan dapat lebih menambah tingkat kesejahteraan masyarakat kecamatan Cipondoh.

 

“Meningkatkan kesejahteraan warga, sekaligus diharapkan dapat membuka lapangan kerja,”jelasnya.

 

Ia mengaku dalam setiap kegiatan, UMKM yang dikelola warga kecamatan Cipondoh menjadi prioritas untuk mendapatkan tempat untuk memasarkan dan mempromosikan produknya.

 

“Selalu kami libatkan dan ajak mereka untuk memasarkan produknya, karna kami meyakini UMKM yang dikelola oleh warga dapat menjadikan suatu upaya dalam meningkatkan dan membuat masyarakat lebih kreatif dan produktif,”tutupnya.

 

Kedepan ia mengaku akan menambah sarana prasarana kampung tematik sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk mengunjungi kampung tematik.

 

“Sudah koordinasi dengan disbudpar untuk membangun wisata air dikampung ini nantinya akan dibangun saung Betawi, joging track dan wisata air,”tutupnya.

 

Top

Android

Web
Tutup