Wali Kota Minta Masyarakat Kembangkan Batik Sebagai Budaya Bangsa

Wali Kota Minta Masyarakat Kembangkan Batik Sebagai Budaya Bangsa

Sebagai upaya untuk melestarikan batik sebagai warisan budaya nasional yang sudah diakui oleh dunia, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang menggelar kegiatan pelatihan membatik pelestarian dan aktualisasi adat budaya daerah.

Pelatihan yang berlangsung di aula kantor Kelurahan Larangan Selatan, Tangerang, Jumat (22/3) ini diikuti sebanyak 120 masyarakat yang terbagi dalam 3 kelompok antara lain pemula, menengah dan mahir.

Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat yang mau untuk terus belajar mengenal kebudayaan milik bangsanya.

"Siapa lagi kalau bukan kita yang jaga warisan budaya kita, jangan sampai malah diambil dan diakui oleh negara lain," ucap Arief.

Dalam kegiatan pelatihan membatik tersebut, para peserta diajarkan bagaimana cara dan teknik yang dalam proses pembuatan batik yang baik dan berkualitas.

"Susah juga ya ini pakai cantingya, harus pas takarannya supaya bagus," ujar Arief saat mencoba membuat batik.

Arief mengharapkan dengan adanya pelatihan membatik yang diadakan oleh Pemkot, dapat menjadikan masyarakat untuk lebih berinovasi dalam menciptakan sebuah karya dan bisa menjadikan sumber pencaharian tambahan bagi masyarakat.

"Jangan lupa untuk budayakan pakai batik Kota Tangerang," tandasnya.