Wakil Harapkan Karang Taruna Jadi Agen Kesejahteraan Sosial

Wakil Harapkan Karang Taruna Jadi Agen Kesejahteraan Sosial

Mewujudkan dan melahirkan agen kesejahteraan sosial di wilayah Kota Tangerang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Haruslah dilakukan pembinaan dan pelatihan kepada organisasi kemasyarakatan yang berkelanjutan seperti Karang Taruna.

Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Sosial menggelar Pembinaan Organisasi Karang Taruna Kota Tangerang Tahun 2019 yang bertempat di Ruang Akhlakul Karimah, Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Selasa (19/03).

Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin yang hadir menyampaikan, bahwa Karang Taruna adalah contoh nyata masyarakat yang memiliki kesadaran dan kepedulain sosial.

"Karang Taruna juga menjadi corong agar masyarakat tidak terkontaminasi pihak-pihak yang memiliki kepentingan lain," jelasnya.

Sebanyak 150 peserta perwakilan dari Karang Taruna yang terdapat di 104 kelurahan se-Kota Tangerang tersebut, diharapkan dapat mengemban tugasnya sebagai penyambung visi misi pemerintah dengan masyarakat.

"Kepercayaan itu berawal dari kepedulian, mereka harus bisa jadi perpanjangan tangan kita ke masyarakat di lingkungan," tambahnya.

"Pesan saya jangan lupa bahwa Karang Taruna adalah dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat," imbuh Wakil Walikota.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Sosial Kota Tangerang Heryanto menerangkan, Karang Taruna yang berasal dari kekuatan lokal setempat adalah pilar dalam menegakkan kesejahteraan sosial.

"Nantinya Karang Taruna bisa membantu TKSK, PSM, dan pekerja sosial lain di masyarakat," terang Heryanto.

"Kita inginnya mereka punya kemampuan dan diakui eksistensinya di masyarakat, jadi pembinaan selama dua hari ini semoga membawa dampak positif baik dari pola pikir dan mental mereka sebagai perwakilan kekuatan pemuda untuk kesejahteraan," tukasnya.