Tingkatkan Mutu SDM Pendidik, Dindik Kota Tangerang Kenalkan 8 Standar Nasional Pendidikan

Jumat, 07 Desember 2018

‌Guna meningkatkan kompetensi guru di kota Tangerang. Dinas pendidikan mengadakan Workshop Peningkatan Kompetensi Pendidik Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), di Gedung MUI kota Tangerang, Jum'at (7/12). Workshop ini dibuka langsung oleh Wakil Wali kota Tangerang, Sachrudin.

 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Abduh Surahman yang didampingi Kabid PAUD dan PLS, Muhammad Adli, mengatakan pihaknya telah melaksanakan berbagai program untuk meningkatkan Mutu pendidik PAUD di Kota Tangerang.

 

"Kalau ini bersifat formal di biayain APBD, yang non formal dalam bentuk hibah mereka undang tenaga ahli setingkat nasional. Saya yakin saat ini akselerasi guru-guru luar biasa," ujar Abduh.

 

Dirinya juga melarang untuk PAUD, TK maupun RA untuk mengajarkan baca, tulis dan hitung kepada anak-anak usia dini.

 

"Saya tidak memperbolehkan guru mengajarkan Calistung (Baca,tulis dan hitung) tapi kalo metodenya dengan bermain lalu anak bisa membaca itu namanya bonus," kata dia.

 

Acara yang dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal 7 sampai 8 Desember 2018 ini mengundang berbagai narasumber yang berkompeten, salah aatunya, Kiki Budiana.

 

Kiki menjelaskan terdapat delapan standar yang saat ini sudah dimiliki oleh beberapa sekolah, seperti kompetensi lulusan, isi, proses, pendidikan dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian.

 

"Kalo untuk 8 SNP ini sebenarnya pihak sekolah yang bisa jawab, apakah sekolah mereka telah terakreditasi. Tapi sampai saat ini telah banyak sekolah yang memenuhi standar SNP, dan ingat ini hanya standar," tegasnya.

 

Top

Android

Web
Tutup