Tak Perlu Bawa Fisik CV, Job Fair Kota Tangerang Sediakan Ribuan Lowongan Pekerjaan

Tak Perlu Bawa Fisik CV, Job Fair Kota Tangerang Sediakan Ribuan Lowongan Pekerjaan

‌‌‌Berbeda dengan job fair sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menerapkan QR Code kepada para pencari kerja yang hendak melamar. Sebelum pelaksanaan job fair, para pencari kerja diwajibkan untuk mendaftarkan diri secara online melalui Aplikasi Tangerang LIVE.

Dengan hadirnya QR code tersebut, para pencari kerja tidak perlu membawa daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV). Karena para pencari kerja cukup scan QR code yang telah didapat.

"Ini inovasi baru atas evaluasi kita di job fair sebelumnya yang masih menggunakan sistem manual," ucap Rakhmansyah, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang.

Ribuan lowongan pekerjaan dengan berbagai formasi jabatan mengisi job fair pertama dalam rangka hari jadi Kota Tangerang ke-26 di GOR Balai Rakyat, Kelurahan Karawaci Baru, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Kamis, 14 Februari 2019.

"Ada sekitar 2001 lowongan pekerjaan dengan formasi 159 jabatan mulai dari sales, operator, staff, hingga asisten manager," jelasnya.

Selain itu, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para pencari kerja, pihak Disnaker juga telah membagi beberapa sesi. "Dalam satu sesi kita kuotakan 150 pencari kerja untuk memilih lowongan kerja yang sesuai dengan kualifikasi," tuturnya.

Dona Arista, mengaku sangat dibantu dengan hadirnya job fair yang menggunakan sistem QR code, karena dapat menghemat pengeluarannya yang baru lulus di bangku kuliah.

"Karena daftarnya secara online, lalu tinggal scan QR codenya aja, jadi kita ga usah repot-repot dan nyiapin ongkos untuk bawa fisik lamaran ke job fairnya," kata dia.

Sebagai informasi, job fair selainjutnya akan dilaksanakan di Halaman Kecamatan Batuceper, pada tanggal 19 Februari 2019.