Sinergisitas Penegak Hukum dan Masyarakat Dalam Pemberantasan Narkoba

Kamis, 18 Oktober 2018

Pemberantasan Narkoba bukan hanya tugas penegak hukum dan pemerintah. Tetapi, peran utama masyarakat sangat penting karena terkait langsung dengan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, kepekaan masyarakat dalam mensukseskan pemberantasan narkoba di Kota Seribu Industri dan Sejuta Jasa ini sangat penting.

 

BNN Kota Tangerang telah melakukan pemetaan terhadap daerah yang rawan peredaran dan penyalagunaan narkoba. Kawasan - kawasan tersebut menjadi perhatian utama dalam pemberantasan narkoba walaupun pengawasan tetap dilakukan di seluruh wilayah karena tak menutup kemungkinan adanya modus baru.

 

Kepala BNN Kota Tangerang AKBP Akhmad F Hidayanto menuturkan, Kota Tangerang merupakan wilayah rawan dari penyalahgunaan maupun pengedar narkotika dibandingkan wilayah lain lainnya di Provinsi Banten. Hal tersebut sesuai yang disampaikan juga oleh Walikota Tangerang H. Arief R Wismansyah.

 

Menurutnya memerangi narkoba bukan hanya tugas BNN tetapi juga memerlukan peran serta masyarakat dalam menjaga lingkungannya. Oleh karenanya masyarakat dihimbau untuk memiliki kepekaan terhadap kondisi lingkungannya.

 

"Masyarakat harus memahami lingkungan dan mengenal satu sama lainnya, terlebih kasus yang pernah ada narkoba ada di tengah-tengah permukiman, oleh karenanya apabila mengetahui hal-hal yang mencurigakan dapat melaporkan kepada petugas," ucapnya.

 

Sebagai upaya yang dilakukan oleh BNN adalah dengan menumbuhkan kesadaran masyarakat mengenai bahaya narkoba bagi generasi bangsa. Sosialisasi dan juga kampanye terus dilakukan agar warga memiliki kepedulian yang tinggi dalam mengawasi lingkungannya.

 

Berbagai kasus yang telah berhasil diungkap, adalah kerjasama antara penegak hukum dengan masyarakat. Sinergisitas ini yang perlu ditingkatkan agar Kota Tangerang bersih dari narkoba.

 

"Menjalin hubungan dengan alim ulama dan tokoh masyarakat serta pemuka agama lainnya kami lakukan demi memberikan pemahaman kepada warga mengenai bahaya narkoba," ujarnya.

 

Kemudian, kata Akhmad pihaknya aktif melakukan pembinaan kepada anggota satpam di perumahan untuk turut mengamankan lingkungannya dari peredaran narkoba.

 

Diharapkan petugas keamanan dapat memberikan informasi terkait apa yang ditemukan dan didapatkan yang berkaitan dengan peredaran narkoba.

 

"Kami datangi satpam-satpam di perumahan kami berikan pembinaan misalkan ada kendaraan milik warga yang hanya aktif malam hari ataupun rumah yang aktivitasnya terlihat tidak normal seperti rumah lainnya, selain itu kami juga aktif patroli ke seluruh wilayah Kota Tangerang," pungkasnya.

 

Top

Android

Web
Tutup