PUPR Manfaatkan Teknologi Kurangi Penggunaan Banyak Material

Senin, 03 Desember 2018

‌Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) memanfaatkan teknologi dalam pembangunan infrastruktur. Salah satunya penggunaan material turap di sungai yang disesuaikan dengan kontur tanah.

 

Plt Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang, Tatang Sutisna mengatakan, salah satu inovasi dalam pembangunan infrastruktur adalah pekerjaan penurapan di Kali Ledug. Dalam pelaksanaanya turap tidak menggunakan material beton seperti umumnya melainkan sejenis PVC yang daya dukungnya sama dengan beton.

 

Di Kali Ledug itu kontur tanahnya buruk sekali sampai dengan kedalaman 50 meter, Penggunaan beton akan masuk kedalamnya.

 

Sementara penggunaan turap untuk sungai yang dibtuhkan adalah daya vertical dan horizontalnya. "Maka itu kami menggunakan PVC hanya dengan kedalalaman 12 meter ,”papar Tatang.

 

Menurutnya inovasi tersebut tidak mengurangi fungsi dari turap. Menurutnya cara tersebut tidak membutuhkan banyak material, sehingga penurapan dilakukan lebih mudah dan efisien.

 

“Pemanfaatan sejenis PVC dalam penurapan merupakan kombinasi pemanfaatan teknologi dalam pembangunan infrastruktur,”kata dia.

 

Selain itu baru-baru ini pihaknya menjalin kerjasama dengan Jepang Jepang melalui Daiken Corporation dan salah satu konsultannya, yaitu Japan International Cooperation Agency (JICA) terkait sistem pemanenan air hujan menjadi air baku atau Rainwater Harvesting System.

 

Sistem ini berfungsi sebagai penampungan air di kala hujan, yang selanjutnya dapat dipergunakan kembali sebagai air baku atau air minum serta kebutuhan lain sehari-hari.

 

“Saat musim hujan atau curah hujan cukup tinggi, air yang ditampung dapat meminimalkan banjir dan genangan.”ujarnya.

 

Top

Android

Web
Tutup