Program KUBE dan UEP Atasi Kemiskinan Melalui Keterampilan

Kamis, 11 Oktober 2018

Dinas sosial Kota Tangerang membuat program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) untuk mengatasi kemiskinan, termasuk perempuan yang rawan masalah sosial ekonomi.

 

Kepala Dinas Sosial yakni Masyati mengatakan, program ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan tambahan untuk bekerja dan menghidupi keluarganya secara mandiri. Warga juga mendapatkan bantuan berupa bahan baku dan peralatan untuk mengembangkan Usaha Ekonomi Produktif (UEP).

 

"Sebanyak 80 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) mendapatkan bantuan dari Dinas Sosial Kota Tangerang. Bantuan tersebut berupa peralatan memasak dan bahan pembuatan kue," katanya.

 

Pihkanya juga melakukan pembinaan, pendampingan, dan motivasi hingga memberikan bantuan dalam bentuk barang dan peralatan.

 

Kepala bidang pemberdayaan sosial, HM.Juweni mengatakan, bantuan yang diberikan pihaknya ke KUBE dapat dimanfaatkan untuk mengembang usaha rakyat agar masyarakat Kota Tangerang mampu menekan angka kemiskinan melalui usaha rakyat.

 

“Kami berikan bantuan itu, agar masyarakat dapat meningkatkan pendapatan masyarakat untuk mengurangi angka kemiskinan di Kota Tangerang," ujarnya.

 

“Kami berikan bantuan itu, agar masyarakat dapat meningkatkan pendapatan masyarakat untuk mengurangi angka kemiskinan di Kota Tangerang," ujarnya.

 

Ini juga merupakan salah satu bentuk upaya Pemerintah Kota Tangerang agar menjadikan kota ini layak huni.

 

Bukan hal mudah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Kota Tangererang mereka terus berupaya dengan semaksimal mungkin dalam menekan kemiskinan.

 

"Tak mudah ya untuk meningkatkan ekonomi di kota ini, tapi kami terus berupaya semaksimal mungkin untuk mengurangi kemiskinan di kota tangerang ini," ujarnya.

 

Dengan adanya KUBE diharapkan terbentuk kelompok usaha bersama yang bisa berkembang menuju koperasi yang akan menyejahterakan anggotanya.

 

"Saya berharap dengan terbentuknya KUBE ini dapat berkembang, pada akhirnya berhasil atau tidaknya kembali lagi kepada mereka. Kalau semangat dan bekerja keras. Insya Allah pendapatan ekonomi mereka bisa meningkat,” tuturnya.

 

Top

Android

Web
Tutup