Pencegahan DBD, Dinkes Adakan Gebrak PSN 4M Plus

Pencegahan DBD, Dinkes Adakan Gebrak PSN 4M Plus

‌‌‌Dinas Kesehatan Kota Tangerang menyiapkan program Siminda yakni Aksi Eliminasi Demam Berdarah Dengue melalui bulan Gerakan bersama aksi pemberantasan sarang nyamuk (Gebrak PSN 4M Plus).

Kepala Dinas kesehatan Kota Tangerang, dr Liza Puspadewi mengatakan, Gebrak PSN 4M plus dimulai pada 26 Januari sampai dengan 28 februari 2019 dengan sasaran lingkungan permukiman, sekolah, perkantoran, dan sarana umum.

Kegiatan meliputi pemberantasan sarang nyamuk dengan 4M yaitu memantau jentik nyamuk, menguras atau menyikat tempat penampungan air, dan menutup penampungan air, serta memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas yang dapat menampung air hujan.

"Kalau sebelumnya 3M sekarang sudah 4M Plus, Warga dihimbau tidak mengubur barang bekas namun dimemanfaatkan untuk didaur ulang," ujar Liza.

Dia menambahkan, Plus yang dimaksud menghindari gigitan nyamuk meliputi melakukan larvasida, memelihara ikan di penampungan air, penggunaan anti nyamuk, penggunaan kelambu dan lainnya.

Selain itu kegiatan Gebrak PSN 4M juga akan memberikan edukasi pencegahan DBD, pemberian larvasida serta kegiatan Sapa sehat dengan tema pencegahan DBD.

"Sapa sehat diadakan setiap Jumat di seluruh Puskesmas di Kota Tangerang, Tema ditekankan terkait pencegahan DBD," ujarnya.