Pemkot Tingkatkan Kemampuan Pola Asuh Orangtua

Senin, 11 Februari 2019

‌‌‌Kampung tematik Samawa dimanfaatkan dinas pemberdayaan perempuan perlindungan anak pengendalian penduduk dan keluarga berencana kota Tangerang untuk meningkatkan kualitas pengasuhan orangtua agar tumbuh kembang anak optimal.

 

dr. H. AYG. Wibisono, M.Kes, sekretaris dinas pemberdayaan perempuan perlindungan anak pengendalian penduduk dan keluarga berencana menjelaskan, pihaknya tengah membina lebih dari tigaratus bina keluarga yang diharapkan dapat mempersiapkan generasi penerus berkualitas melalui peran ibu.

 

"Program BKB menjadi wadah kegiatan bagi keluarga yang mempunyai anak balita. Adapun kegiatan BKB itu dalam rangka mempersiapkan keluarga agar dapat menjadi orang tua hebat dalam mengasuh dan membina anak sebagai upaya mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. "Dengan adanya program BKB ini, ibu-ibu yang memiliki balita bisa menjadi orang tua hebat dalam mengasuh dan mendidik anak," ujarnya saat memberikan sambutan pada kegiatan pembinaan kampung Samawa di RW.05 Kelurahan periuk senin (11/1).

 

Ia mengaku, saat ini pihaknya tengah merumuskan agar terdapat kampung samawa yang menitik beratkan pada bina keluarga balita (BKB) ditiap kelurahan yang ada dikota tangerang.

 

"Pembinaan terus kami lakukan, agar kedepan tidak keberadaan BKP Terpadu yang kami nilai strategis dan perlu mendapatkan perhatian serius dari semua pihak dapat berjalan disetiap kelurahan,"jelasnya.

 

Selain meningkatkan kemampuan kader BKP, pelatihan tersebut juga sebagai upaya dalam peningkatkan tumbuh kembang balita melalui program terintegrasi dengan posyandu dan Pendidikan Aanak Usia Dini (PAUD).

 

"Kegiatan sosialisasi ini, kader BKB diharapkan mampu berkomunikasi dengan baik dan hendaknya bersikap ramah untuk tercapainya tujuan dalam memberi kesadaran kepada orang tua balita,"tuturnya.

 

Dengan demikian, melalui kegiatan sosialisasi tersebut diharapkan peran orangtua dalam mengusahakan sedini mungkin pembinaan tumbuh kembang balita sesuai umur dan tahap perkembangan yang harus dimiliki baik aspek fisik, kecerdasan, emosional serta sosial. agar anak dapat tumbuh dan berkembang jadi anak yang maju, mandiri dan berkualitas.

 

"Peran orangtua khususnya ibu sangat penting terhadap tumbuh kembang anak. Tugas kader BKB juga penting dalam meningkatkan pemahaman tentang pola asuh anak,"pungkasnya.

 

Top

Android

Web
Tutup