Pelajar Ikuti Cerdas Cermat Empat Konsensus Dasar Kebangsaan

Rabu, 08 Agustus 2018

Pelajar tingkat SLTA di Kota Tangerang mengikuti lomba cerdas cermat empat konsensus dasar kebangsaan meliputi Bhinneka Tunggal Ika, Pancasila, UUD 1945, dan NKRI yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Rabu (8/8/2018). Kegiatan dilaksanakan dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Ke 73 Republik Indonesia serta ajang seleksi untuk lomba ditingkat Propinsi Banten.

 

Kegiatan yang diikuti 23 sekolah baik negeri dan swasta diwakili oleh tiga peserta. Mereka saling berebut mendapatkan poin dengan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh dewan juri yang berasal dari akademisi, Dinas Pendidikan dan Kodim 0506 Tangerang.

 

Para pendukung masing-masing tim bergemuruh di Aula gedung Cisadane. Ajang ini turut mempertaruhkan nama besar sekolah dalam pengetahuan dan wawasan empat konsensus kebangsaan.

 

Kepala Badan Kesbangpol Kota Tangerang, Temmy Mulyadi mengatakan, lomba cerdas cermat dalam rangka peringatan hari kemerdekaan. Dalam perlombaan tersebut pelajar diuji pengetahuan dan wawasan konsensus kebangsaan.

 

Menurutnya melalui lomba cerdas cermat diharapkan dapat mengimplementasikan pemahaman terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam 4 pilar kebangsaan sehingga generasi muda akan memiliki jiwa nasionalis yang kuat.

 

"Pemahaman yang komprehensif terhadap Pancasila , UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika menjadi benteng bagi kaum muda dari berbaga pengaruh yang tidak baik termasuk era digitalisasi saat ini yang lebih cenderung sibuk dengan gadget," kata dia.

 

Top

Android

Web
Tutup