Neglasari Buat Kampung Rukun Hingga Kampung Opak Angin

Selasa, 11 September 2018

Kecamatan Neglasari menyiapkan pembangunan kampung dan taman tematik. Upaya itu dalam rangka penataan lingkungan berbasis pemberdayaan masyarakat serta mengangkat potensi kearifan lokal setempat.

 

Camat Neglasari, Ubaidillah Ansar mengatakan, Salah satu kampung tematik yang mengangkat kearifan lokal masyarakat Kecamatan Neglasari adalah Kampung Rukun yang berada di RW 07 Kelurahan Neglasari. Dilokasi tersebut menjadi penduduknya heterogen yang terdiri dari beraneka ragam agama dan budaya mulai dari etnis Jawa, Betawi hingga Tionghoa.

 

"Kampung rukun merupakan pilot projek keberagaman dan daya tarik wisata yang ada di Kecamatan Neglasari. Ciri khas Kampung Rukun ini mengusung konsep tiga dimensi (3D) dari lukisan realis atau gambar-gambar hidup. Serta lingkungan yang hijau dan asri," kata Camat.

 

Selain Kampung Rukun, pihaknya tengah mempersiapkan kampung tematik lainnya yakni Kampung Opak Angin. Permukiman yang berada di RW 03 Kelurahan Mekarsari ini menawarkan konsep kemandirian yang dijalankan masyarakat setempat.

 

"Di Kampung Opak angin pengunjung dapat melihat langsung pembuatan makanan tradisional khas Neglasari, Upaya ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata dia.

 

Kemudian pembangunan taman tematik akan dilakukan di lokasi bekas kandang Babi di Sewan. Nantinya akan di tanami tanaman yang berbeda dari biasanya yakni pohon zaitun dan tin.

 

Kampung dan taman tematik di Kecamatan Neglasari yang terletak tak jauh dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan kawasan hunian Aeropolis, diharapkan dapat menjadi pilihan destinasi wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

 

"Keberadaan taman zaitun dan tin selain menata lingkungan menjadi lebih hijau juga dapat mengundang wisatawan ke Neglasari," ucapnya.

 

Top

Android

Web
Tutup