Manfaatkan Lahan Kosong, Siswa SMPN 25 Tanam Cabai dan Jeruk

Selasa, 05 Februari 2019

‌‌‌Meski baru berdiri namun semangat dapat bersaing dengan sekolah-sekolah negeri lain cukup membuncah di SMPN 25 Kota Tangerang. Termasuk dalam hal menjaga lingkungan. Para siswa-siswi diajak ikut melakukan penghijauan lingkungan sekolah yang beralamat di Jalan Raya Inpres, RT 03/04, Kelurahan Gaga, Kecamatan Larangan tersebut.

 

Seperti Sabtu (2/2/2019) pagi, puluhan pelajar kelas VIII diajak menanam tanaman produktif di area sekolah. Mulai dari tanaman seperti cabai, jeruk, jagung, hingga jambu ditanam di sekolah yang belum mempunyai lulusan itu.

 

Para murid baik pelajar putra maupun putri antusias menanam tanaman di lahan sekolah mereka. Pelajar putra bertugas mencangkul, sementara para pelajar putri kebagian menanam tanaman yang sudah dibeli sebelumnya.

 

Koordinator kegiatan yang juga guru prakarya SMPN 25 Kota Tangerang Nani Anipah mengatakan, yang melatarbelakangi acara penanaman pohon tersebut tidak lepas dari belum termanfaatkannya lahan kosong di area sekolah. "Kegiatan hari ini dilakukan oleh siswa-siswi beserta tim kelompok dalam satu mata pelajaran. Mereka cukup antusias," ujar Nani di sela acara.

 

Ia menegaskan, kegiatan menanam tanaman produktif tersebut juga merupakan bagian dari program adiwiyata di mana ia dan beberapa guru merupakan koordinator adiwiyata di sekolah. "Kebetulan, ini bagian dari pengambilan nilai dari mata pelajaran yang saya ujikan, karena di sini kita menilai berdasarkan kearifan lokalnya," ucapnya.

 

Dengan adanya kegiatan ini juga, Nani berharap kelak murid-muridnya aktif dan mempunyai jiwa wirausaha, selain itu tentu saja peduli lingkungan.

 

"Rencananya acara sepeti ini akan saya selenggarakan setiap hari Sabtu. Kalau pun nantinya tidak efektif saya akan ubah, diambil dengan mapel (mata pelajaran) selama dua jam," ucapnya. Ia pun menginginkan agar kedepannya, siswa-siswinya menjadi pelajar yang mempunyai karakter dengan menjaga nama baik lingkungan, nama baik diri dan sekolah.

 

Top

Android

Web
Tutup