Kunjungan Wisatawan Meningkat, Kota Ini Semakin Layak Dikunjungi

Minggu, 09 September 2018

Jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Tangerang selama lima tahun terakhir mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Sejumlah program dalam bidang pariwisata dalam rangka menyediakan fasilitas wisata dan menarik peminat pengunjung telah berhasil mendatangkan wisatawan tak hanya dari dalam negeri tetapi juga luar negeri.

 

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, semakin dikenalnya sejumlah event kegiatan yang digelar pemkot hingga mendatangkan wisatawan daerah dan asing, menandakan jika promosi dan upaya menjadikan Kota ini Layak Dikunjungi telah memperoleh hasil yang bagus.

 

Inovasi dan kreatifitas harus terus dilakukan kota ini melalui masyarakatnya. Mulai dari menjaga sarana dan prasarana yang ada hingga mengembangkan potensi wilayah untuk menjadi destinasi wisata yang baru.

 

Kampung tematik yang kini juga masuk dalam bagian destinasi wisata baru Kota Tangerang adalah bagian dari edukasi kepada pengunjung yang datang. Misalnya di kampung hidroponik dan Grenpul, warga yang datang tak hanya melihat saja tetapi juga untuk dicontoh dan diterapkan di rumahnya masing - masing.

 

Sehingga program Tangerang berkebun dalam memanfaatkan lahan kosong dan terbatas bisa terlaksana dengan baik. Sebab, penanaman satu pohon di satu rumah pun menjadi bagian dari program Pemkot untuk menghasilkan oksigen dan penghijauan.

 

Walikota Arief juga menambahkan, banyaknya wisatawan yang datang ke kampung tematik maka harus disiapkan juga sistem penerimaan tamu dari masyarakat pemilik pemukiman tersebut sehingga wisatawan yang datang akan diterima dengan baik.

 

Kemudian, Pemkot pun mendorong terus pengusaha perhotelan dan kuliner untuk memperbanyak cabang dan peningkatan mutu pelayanan sehingga wisatawan yang datang mendapatkan tempat yang nyaman dan sajian makanan daerah yang khas.

 

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang mencatat, hingga bulan Juli tahun 2018, jumlah wisatawan yang datang mencapai 883.089 jiwa berdasarkan data dari tamu hotel nusantara 372.780 jiwa dan tamu hotel mancanegara 118.226 jiwa dan kunjungan ke objek wisata 292.083 jiwa.

 

Sementara itu, jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Tangerang pada tahun 2014 yakni 398.679 jiwa, tahun 2015 bertambah menjadi 482.903 jiwa, tahun 2016 bertambah lagi menjadi 554.299 jiwa dan tahun 2017 tembus menjadi 1.008.747 jiwa.

 

"Dengan data wisatawan tahun 2018 hingga bulan Juli mencapai 883.089 jiwa maka kami optimis, akan melebihi data tahun 2017," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang, Rina Hernaningsih.

 

Top

Android

Web
Tutup