Kota Tangerang Siap Laksanakan UNBK

Selasa, 19 Maret 2019

‌‌‌‌‌Dinas Pendidikan Kota Tangerang memastikan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP siap digelar di seluruh sekolah se-Kota Tangerang.

 

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tangerang, H Jamaluddin, menyampaikan, sejak Desember 2018 hingga saat ini, Dinas Pendidikan sudah melakukan simulasi UNBK. Diharapkan, dengan pelaksanaan simulasi tersebut, seluruh pihak siap melaksanakan UNBK.

 

"Minggu depan rencananya akan dilakukan gladi resik," ujar Jamal, Selasa (19/3/2019) pagi.

 

“Total siswa yang akan mengikuti ujian tahun ini adalah sebanyak 26.100 siswa," ujar pria yang juga Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) tersebut.

 

Dengan jumlah sekolah negeri yang mengikuti UNBK adalah sebanyak 24 sekolah, sedangkan sekolah swasta 166 sekolah dan Tsanawiyah sebanyak 54 sekolah.

 

Sementara, disinggung upaya untuk mengantisipasi kendala teknis seperti listrik mati maupun soal gangguan jaringan internet, Jamal mengatakan, sudah berkirim surat kepada PLN dan provider seperti Telkomsel maupun Indosat agar jaringan tetap maksimal saat hari H ujian. "Itu sudah biasa kami lakukan tiap tahun," ujarnya selain juga mempersiapkan genset untuk mengantisipasinya.

 

Untuk diketahui, berdasarkan jadwal yang diterima, pelaksanaan UNBK tingkat SMP/Mts akan dimulai dari Senin 22 April 2019-Kamis 25 April 2019 dan dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama digelar dari pukul 07.30-09.30, sesi kedua dari pukul 10.30-12.30, dan sesi terakhir pukul 14.00-16.00.

 

Hari pertama, Senin 22 April jadwal mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Selasa 23 April adalah Matematika, Rabu 24 April adalah Bahasa Inggris dan hari terakhir atau Kamis 25 April adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

 

“Hasil UNBK ini tidak menentukan kelulusan, yang menentukan lulus tidaknya adalah guru. Nanti guru yang menentukan bersama kepala sekolah melalui rapat pleno,” pungkasnya.

 

Top

Android

Web
Tutup