Kampung Sejahtera Mandiri (KSM) Wajib Penuhi 6 Prinsip Dasar

Selasa, 27 November 2018

‌ Kampung Sejahtera Mandiri (KSM) yang di bangun oleh Dinas Sosial mencangkup 6 prinsip dasar, cakupan itu bertujuan agar KSM dapat memberikan manfaat untuk masyarakat setempat.

 

Kepala Dinas Sosial Masyati Yulia mengatakan fungsi pertama adalah Terpadu dan terintegrasi, maksudnya adalah mengintegrasikan pelayanan dalam 1 lembaga yakni untuk tingkat kota ada Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) yang dapat melayani semua program baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

 

"Kantor SLRT akan di buat di kantor dinsos nantinya petugas akan meneruskan pelayanan ke pada pihak terkait," Terang Masyati.

 

Prinsip ke 2 yaitu pemberdayaan, yaitu sebanyak mungkin mengajak partisipasi masyarakat membangun budaya gotong royong serta kesetiakawanan sosial.

 

Kemudia prinsip ke 3 partisipatif bertujuan mendorong kesadaran masyarakat menjaga lingkungannya.

 

"Melalui prinsip partisipatif masyarakat wujud kontribusi masyarakat dalam pembangunan, sebab tidak mungkin aparatur pemerintah mengawasi setiap saat program yang di jalankan," ujarnya

 

Lanjutnya prinsip yang ke 4 adalah kemitraan, prinsip ini bertujuan membangun jejaring dalam memenuhi hak dasar masyarakat serta membangun potensi dalam suatu wilayah. Contohnya dengan dunia usaha melalui CSR, lalu lembaga sosial yang peduli lingkungan dan masyarakat miskin seperti Basnas, PMI dan lainnya.

 

"Melalu jejaring dapat membantu pemkot Tangerang dalam mewujudkan kampung sejahtera mandiri," Imbuh Masyati.

 

Di tambahkannya, prinsip ke 5 keberlanjutan, artinya program yang di jalankan harus terus berjalan memenuhi hak dasar masyarakat sebab masyarakat dan permasalahannya berlangsung secara dinamis, upaya berkelanjutan turut didukung oleh prinsip yang ke 6 yaitu inisiatif lokal.

 

Top

Android

Web
Tutup