Kampung PHBS Cikal Bakal Terbentuknya Kampung Tematik Wisata

Minggu, 09 September 2018

Program Kampung PHBS yang dilakukan Pemerintah Kota Tangerang telah berhasil merubah wajah setiap lingkungan menjadi lebih rapih, bersih dan hijau. Tak hanya itu, partisipasi masyarakat dalam pembangunan kota pun terlihat karena ikut serta dalam menata lingkungannya menjadi pemukiman yang layak huni.

 

Sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat mengenai pembentukan Kampung PHBS sejak dua tahun terakhir telah menghasilkan banyak karya nyata di lingkungan. Puluhan pemukiman yang dijadikan role model dalam penerapan Kampung PHBS, berhasil mendukung program Kota ini untuk mewujudkan Kota Layak Huni, Layak Investasi, Layak Dikunjungi dan Kota Pintar.

 

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, pembentukan Kampung PHBS telah dilakukan sejak tahun 2016 di 26 lokasi. Pada tahun 2017, kembali dilaksanakan di 39 lokasi dan tahun ini bertambah lagi.

 

Harapannya adalah agar masyarakat bisa secara mandiri untuk menerapkan hidup sehat serta memiliki keinginan untuk mencegah dan mengatasi setiap masalah kesehatan maupun bencana secara mandiri.

 

Selain itu, Kampung PHBS pun membentuk masyarakat memiliki sifat gotong royong dan keswadayaan dalam pelaksanaan program pembangunan, termasuk pemberdayaan PHBS demi mewujudkan kemandirian keluarga sehat yang berkualitas.

 

Kampung PHBS ini kemudian menjadi titik awal terbentuknya kampung tematik di sejumlah wilayah hingga kini. Sebut saja kampung Markisa, Kampung Lidah Buaya, kampung pepaya jepang, kampung Grenpul, Kampung hidroponik dan kampung tematik lainnya.

 

Program Kampung PHBS yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan dalam mewujudkan Kota Sehat, berhasil mendorong partisipasi masyarakat dalam pengembangan potensi setiap wilayah. Kampung Tematik pun terbentuk dan berubah menjadi pemukiman yang nyaman dan bersih serta destinasi wisata baru bagi daerah.

 

Selain itu, program tersebut pun sejalan dengan program Pemkot Tangerang dalam penataan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang tematik dengan menghadirkan taman bagi keluarga di pusat kota hingga tingkat wilayah.

 

Semakin tumbuh banyaknya destinasi wisata baru tersebut, ditambah dengan keberadaan cagar budaya yang sebelumnya telah ada maka mendorong Kota Tangerang sebagai Kota Industri dan Jasa yang juga Layak Dikunjungi.

 

Top

Android

Web
Tutup