Kampung Markisa Ikuti Penilaian PHBS Nasional

Kampung Markisa Ikuti Penilaian PHBS Nasional

Kampung markisa di RW 02 Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Karawaci mengikuti penilaian Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) tingkat nasional.

Ketua RW 02, M Ali Nurdin, mengatakan, penilaian PHBS akan dilakukan di Bulan Juli ini. Menurutnya, tak ada persiapan khusus menghadapi penilaian, sebab PHBS sudah menjadi kebiasaan masyarakat setempat. Seperti kerja bakti dan penghijauan.

"10 indikator PHBS sudah tersedia disini dan menjadi kebiasaan warga sehari-hari," ujarnya.

10 indikator PHBS meliputi, pertama persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan, kedua menimbang bayi dan balita secara berkala,lalu cuci tangan dengan sabun bersih, kemudian menggunakan air bersih, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik nyamuk, konsumsi buah dan sayuran, melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan terakhir tak merokok didalam rumah.

"Fasilitas penunjang juga tersedia seperti Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), alat pendeteksi curah hujan atau ombrometer, KWT sampai kolam bibit ikan," ujar dia.

Pihaknya mengajak warga meningkatkan kerja bakti dan menjaga penghijauan yang telah dilakukan di pekarangan rumah serta lingkungan.

"Kerja bakti tetap dilakukan, warga juga rutin memeriksa tanaman di pekarangannya agar tetap hijau dan subur," kata dia.

Selain menghadapi penilaian PHBS, Kampung markisa juga mengikuti penilaian Anugerah Pariwisata Indonesia (API) 2019 sebagai nominator destinasi wisata kreatif terpopuler dan Lomba Bersih dan Sehat (LBS).