DKP Kota Tangerang Sosialisasikan Pentingnya Kesehatan Hewan

Rabu, 08 Agustus 2018

Sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan hewan qurban dan konsumsi pangan asal hewan yang aman, sehat, utuh dan halal (ASUH), Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang menyelenggarakan kegiatan Talkshow Kesehatan Hewan (Keswan) dan Kesehatan Masyarakat Veterinan (Kesmavet) Tahun 2018 di Halaman Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Rabu (8/8).

 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang, Emed Mashuri mengatakan kegiatan ini sengaja dilaksanakan dalam rangka persiapan Idul Adha 2018 mendatang.

 

"Kita ingin mensosialisasikan kepada masyarakat baik pedagang, pembeli hewan qurban maupun panitia pelaksana hewan qurban agar dapat lebih mengerti tentang kesejahteraan, kesehatan, maupun ciri-ciri hewan yang sudah memenuhi syarat untuk dikurbankan" ungkap Emed.

 

Kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta tergabung dari Kader Posyandu, KWT, dan beberapa Dinas di lingkup pemerintahan Kota Tangerang. Terdapat pula Bazar produk pangan segar dan pangan olahan dengan berbagai jenis seperti : Olahan Ikan, Cabai, Terong, Labu Madu, Aneka Baso sampai produk olahan lainnya.

 

Selain itu, Sebagai upaya dalam persiapan menyambut Idul Adha di Kota Tangerang Tahun 2018, Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang pun telah membentuk tim untuk mengawasi serta memeriksa kesehatan hewan maupun daging qurban.

 

"Kita sudah membentuk Tim yang berjumlah 293 orang terdiri dari 35 orang pegawai DKP (Dokter & Penyuluh Peternakan), 208 Satgas hewan dari tiap kelurahan, serta bekerja dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan mahasiswa fakultas kedokteran hewan sebanyak 50 orang" ujarnya.

 

"Harapannya masyarakat paham terhadap bagaimana memperlakukan hewan agar menjadi sejahtera, tidak setres dengan begitu masyarakat yang melakukan qurban pun jadi sempurna, paripurna, dan mendapatkan pahala yang diridhoi oleh Allah SWT." Tutupnya.

 

Top

Android

Web
Tutup