Disiplin, Sehat dan Sejahtera di Kampung Talas

Disiplin, Sehat dan Sejahtera di Kampung Talas

Kampung tematik di Kota Tangerang semakin bertambah. Di Jalan Berhias, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Karawaci, ada satu kampung yang bernama Kampung Talas. Kampung ini bukanlah penghasil tanaman dengan nama latin Colocasia esculenta, melainkan singkatan dari Taat Lalu Lintas (Talas) karena di dalamnya terdapat permukiman masyarakat sipil serta asrama Polri.

Menurut Ketua RT 05/04 Kelurahan Pasar Baru, Supardi, pembangunan Kampung Talas bertujuan agar masyarakat tertib berlalu lintas dan daoat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

"Semua dibangun atas swadaya masyarakat. Memang ini dari Kampung PHBS, lalu terus dikembangkan menjadi kampung tematik," ujarnya.

Sebagaimana kampung tematik lainnya, Kampung Talas dihiasi dengan mural serta dihijaukan dengan tanaman. Mural-mural yang dibuat berkaitan dengan upaya meningkatan kesadaran berlalu lintas, seperti suasana traffic light maupun aktivitas personil Satlantas dalam mengatur arus lalu lintas. Uniknya, di sejumlah gang juga dipasang rambu-rambu lalu lintas, seperti tanda larangan parkir dan larangan berhenti.

Sedangkan untuk tanaman, ada tiga kategori tanaman yang ditanam, yakni tanaman untuk pengobatan, tanaman untuk konsumsi, serta tanaman yang berfungsi sebagai penghijauan.

“Ada tanaman obat untuk keluarga (toga), ada tanaman pokcay dan casem untuk konsumsi warga, serta tanaman tidak beracun untuk penghijauan. Usulan dari pemerintah paling tidak harus ada tanaman talas sesuai namanya,” ucapnya.

Ke depannya, Supardi bercita-cita agar kehadiran Kampung Talas juga membawa dampak bagi perekonomian warga. Untuk itu, dirinya dan warga bercita-cita membangun sentra UMKM yang dikelola warga.

"Cita-citanya mau membangun sentra UMKM seperti membangun mini cafe, tempat jajanan dan lain-lain, agar masyarakat bukan saja sehat, tapi juga sejahtera," harapnya.