Dishub Punya Rencana Induk Transportasi Daerah

Selasa, 23 Oktober 2018

Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) telah menyusun rencana induk transportasi daerah. Salah satunya mencakup rencana jaringan pelayanan transportasi umum.

 

Kabid Pengembangan Transportasi Dishub Kota Tangerang, Agus Wibowo menuturkan, rencana induk merupakan perwujudan dari sistem transportasi umum kota yang terintegrasi inter maupun antar moda baik yang telah ataupun sedang serta akan dikembangkan.

 

Sistem transportasi terintegrasi ini disediakan guna memenuhi aksesbilitas dari permukiman menuju pusat-pusat kegiatan ekonomi didalam kota maupun untuk para komuter.

 

"Rencana induk sebagai dokumen panduan dalam melaksanakan program yang berkaitan dengan transportasi umum sampai dengan 20 tahun mendatang," ujar Agus.

 

Dia menjelaskan rencana induk memandu bagaimana sistem transportasi dibentuk meliputi dua transportasi umum yang konstelasi Jabodetabek dan transportasi umum lokal.

 

"Konstelasi Jabodetabek tersedia kereta bandara, komuterline, busway, Sementara transportasi lokal didukung 2 koridor BRT, pengembangan kedepan akan menyesuaikan dengan rencana induk yang telah disusun," papar Agus.

 

Ia menambahkan melalui panduan rencana induk maka mendorong pelayanan dan penyediaan transportasi umum di Kota Tangerang baik yang konstelasi Jabodetabek dan dalam Kota Tangerang.

 

"Tujuan utama adanya rencana induk mendorong adanya peralihan pola transportasi dari pribadi ke transportasi umum," kata dia.**

 

Top

Android

Web
Tutup