Dinkes Kerahkan Ratusan Kader Jalankan Program STBM

Kamis, 08 November 2018

Untuk mewujudkan Kota Sehat, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan terus menggencarkan berbagai program unggulan. Salah satunya Sanitasi total Berbasis Masyarakat (STBM).

 

Dalam program ini, Dinas Kesehatan mengerahkan ratusan pertugas yang kompeten untuk mendata kondisi kesehatan seluruh masyarakat Kota Tangerang di 13 Kecamatan.

 

Menurut Kepala Dinas Kesehatan yakni Dr.Liza Puspadewi menjelaskan, maksud dari lima pilar STBM adalah meningkatkan pemahaman warga masyarakat dalam mengelolah program pembangunan khususnya pemberdayaan masyarakat terutama dibidang kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat.

 

Lima pilar STBM itu diantaranya Tidak buang air besar disembarang tempat, Mencuci tangan dengan sabun dan dengan air yang mengalir, mengelola air minum rumah tangga, mengolah sampah rumah tangga dan mengolah limbah cair rumah tangga.

 

Tujuan program tersebut adalah sebagai motivasi untuk mendorong pemahaman masyarakat tentang kebutuhan hidup bersih, perilaku higenis dan sanitasi yang sehat, terkait dengan lima pilar STBM.

 

"Manfaat bagi kami yakni pemerintah adalah mengetahui secara jelas dan berdasarkan data bagaimana kondisi kesehatan masyarakat itu sendiri," katanya.

 

Top

Android

Web
Tutup