Di Kota Tangerang Harga Bawang Putih Turun, Kebutuhan Pokok Lain Stabil

Di Kota Tangerang Harga Bawang Putih Turun,  Kebutuhan Pokok Lain Stabil

Harga Bawang Putih di Kota Tangerang secara perlahan beranjak turun. Berdasarkan data dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Indag) Kota Tangerang, harga bawang putih di Pasar Anyar Kota Tangerang berkisar antara Rp 40 ribu/kilo - Rp 45 Ribu/kilo, turun jauh dari harga minggu lalu yang mencapai Rp 60 ribu/kilo - Rp 70 ribu/kilo.

"Normalnya Rp. 32 ribuan, mudah-mudahan dengan adanya operasi pasar ini bisa kembali normal," ujar Wakil Wali Kota H. Sachrudin usai Operasi Pasar yang digelar di Pasar Anyar Kota Tangerang, Sabtu (11/05).

Dalam operasi pasar yang digelar oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI bekerjasama dengan Dinas Indag Kota Tangerang, ada sekitar empat ton bawang putih yang dijual dengan harga Rp. 25 ribu/kilo. Tak ayal, banyak warga dan pengecer yang memborong bawang putih dengan harga miring tersebut.

"Operasi pasar ini menjadi bagian dari usaha Pemkot Tangerang bersama dengan Kemendag dalam rangka menekan harga bawang putih, karena beberapa waktu lalu sempat naik 125 %," papar Sachrudin.

Sementara itu, untuk harga kebutuhan pokok di minggu pertama Ramadan masih cukup stabil, bahkan ada yang mengalami penurunan seperti harga Cabe Merah Keriting turun dari Rp. 35 ribu/kilo menjadi Rp 30 ribu/kilo, kemudian harga telur ayam ras turun dari Rp. 26 ribu/kilo menjadi Rp. 25 ribu/kilo.

Sedang gula pasir mengalami kenaikan dari Rp. 12 ribu/kilo menjadi Rp. 13 ribu/kilo termasuk juga cabe merah besar yang mengalami kenaikan dari Rp. 38 ribu/kilo menjadi Rp 44 ribu/kilo.

Dalam kesempatan tersebut, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) juga turut hadir dan mengambil beberapa sampel makanan.

Kepala BBPOM Serang, Sukriyadi, menegaskan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada pedagang agar mereka dapat berjualan makanan yang sehat.

"Kalau jualannya jujur, insyaallah berkah rezekinya," ucap Sukriyadi.