Cegah Banjir, Warga Diminta Aktifkan Gotong Royong

Senin, 03 Desember 2018

‌ Unsur tiga pilar yang terdiri dari Kecamatan Pinang dan Cipondoh, Polsek Cipondoh dan prajurit TNI dari Koramil setempat menggelar apel siaga bencana, Senin (03/12/2018). Bertempat di kantor kecamatan Pinang, Jalan Sultan Agung Tirtayasa, Kunciran Jaya, apel siaga bencana ini diikuti ratusan peserta. Bertindak sebagai pembina apel adalah Kapolsek Cipondoh, Kompol Sutrisno.

 

Selain diikuti oleh pegawai kedua kecamatan dan personel polsek, turut hadir diantaranya perwakilan PMI, OKP, pramuka dan lain sebagainya. Tak lupa, ditampilkan alat-alat dan pengecekan untuk siaga bencana seperti perahu karet hingga mobil ambulance.

 

Kapolsek Cipondoh mengatakan, apel siaga bencana dilaksanakan tidak lepas dari musim penghujan yang mulai tiba. "Ini sebetulnya kegiatan rutin yang kita laksanakan setiap tahun. Ini merupakan bentuk sinergisitas tiga pilar guna memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujar Kompol Sutrisno. Sebab sebagai abdi negara sudah semestinya ketiga pilar ini melayani dan mengayomi masyarakat. "Ya termasuk ada kejadian yang bisa kita antisipasi, kita lakukan langkah antisipasi," ucapnya.

 

Namun katanya, semua hal yang dilakukan oleh aparatur akan efektif jika didukung oleh segenap elemen masyarakat. Salah satunya adalah dengan program pencegahan banjir melalui gotong royong membersihkan lingkungan. "Jangan lupa bersihkan lingkungan, masyarakat harus aktif menyelenggarakan gotong royong agar lingkungan khususnya saluran pembuangan air bersih," ujarnya.

 

Camat Cipondoh, Kiki Wibhawa yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan, sejumlah wilayah yang biasanya tergenang air pada musim hujan kini mulai perlahan bisa ditanggulangi. Hal itu tidak lepas dari pembuatan lubang biopori yang digalakkan di tiap RW. "Alhamdullilah, masyarakat Cipondoh dari tiap RW kini sudah mulai membuat lubang resapan biopori," ucapnya. Untuk diketahui, dalam apel siaga bencana itu juga dilakukan simulasi pertolongan kepada korban banjir yang dilakukan oleh PMI Kecamatan Pinang.

 

Top

Android

Web
Tutup