Baznas Kota Tangerang Seleksi Program Beasiswa

Baznas Kota Tangerang Seleksi Program Beasiswa

Baznas Kota Tangerang mengadakan seleksi beasiswa cendekia untuk mahasiswa yang tidak mampu. Seleksi digelar tiga tahap, meliputi tes tulis, psikotes dan wawancara.

Staf Distribusi dan Pendayagunaan Bantuan Baznas Kota Tangerang, Romli, mengatakan, sebanyak 41 dari 111 peserta yang lulus administrasi mengikuti seleksi. Terdapat tiga tahapan seleksi yang meliputi tes tertulis, psikotes dan wawancara.

"Selain itu, peserta juga di tes membaca Al Qur'an dan pengetahuan umum tentang Kota Tangerang dan Provinsi Banten," ujar Romli di Gedung MUI.

Lanjutnya, peserta yang lulus nantinya akan menerima bantuan beasiswa berupa dana pembinaan per bulan sebesar Rp 400 ribu dan membantu biaya semester sampai selesai kuliah di kampus masing-masing.

"Dana pembinaan diberikan ke peserta untuk membantu membeli buku, fotokopi makalah dan lainnya," katanya.

Peserta yang mengikuti program wajib memenuhi persyaratan diantaranya memiliki KTP dan KK Kota Tangerang, Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), Surat keterangan dari kampus. Setelah syarat dipenuhi, nantinya Baznas akan melakukan verifikasi secara faktual ke lapangan.

Lanjutnya, program beasiswa cendekia tak berbeda jauh dengan Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS) yang sudah berjalan satu tahun terakhir. Bedanya SKSS lebih memprioritaskan di keluarga yang belum menempuh pendidikan tinggi.

"Harapannya, dengan satu keluarga satu sarjana dapat meningkatkan taraf hidup keluarga melalui pendidikan tinggi yang ditempuhnya," ujar dia.