1000 Fasilitator Disiapkan untuk Serap Permasalahan Sosial

Kamis, 11 Oktober 2018

Dinas Sosial Kota Tangerang menyiapkan 1000 orang fasilitator yang bertugas di Puskesos (Pusat Kesejahteraan Sosial) yang akan tersebar hingga tingkat RW di setiap kelurahan di Kota Tangerang.

 

Nantinya mereka akan bertugas untuk mencari dan menyerap permasalahan sosial yang ada ditengah masyarakat.

 

"Saat ini untuk tahap pertama kami telah siapkan 50 orang fasilitator dan telah menjalani bimbingan teknis. Mereka kami rekrut dari sejumlah organisasi kemasyarakatan yang ada baik itu Karangtaruna, Tagana dan binaan lainnya," terang Kepala Dinas Sosial Masyati.

 

Nantinya setiap fasilitator ini akan dibekali uniform khusus dan seperangkat alat, yaitu seperti Tablet sehingga mempermudah mereka dalam mengerjakan tugasnya.

 

Ia menuturkan, di rumah para fasilitator ini mereka juga akan dipasangi stiker yang berfungsi sebagai identitas, sehingga warga mudah mengenalinya.

 

"Mereka nanti bertugas tidak hanya menunggu laporan saja, namun juga pro aktif untuk mencari permasalahan di tengah-tengah masyarakat baik itu soal pendidikan ataupun sosial lainnya," ungkap Juweni.

 

Setiap persoalan yang muncul nantinya akan diidentifikasi terlebih dahulu di Puskesos, lalu akan dicarikan solusinya.

 

Jika itu persoalan sosial misalnya terkait bantuan kemiskinan dan belum ada warga yang dapat, maka akan bisa dicarikan jalan keluar melalui Musyawarah Kelurahan (Muskel).

 

"Setiap permasalahan yang dilaporkan terlebih dahulu akan diidentifikasi dan setelah itu baru dicarikan solusi terbaiknya. Setiap warga akan kami layani, ini sebagai wujud nyata bahwa Pemkot Tangerang sangat peduli kepada masyarakat," pungkasnya.

 

Top

Android

Web
Tutup