Sambut Hari Air Sedunia, PDAM TB dan Wartawan Tangerang Tebar Ratusan Benih Ikan di Sungai Cisadane

Jumat, 23 Maret 2018

Ratusan benih ikan mas dan mujair di tebar ke Sungai Cisadane, Jl Kali Pasir, Cikokol, Kota Tangerang, Kamis (22/3/2018).  Bertemakan “Jangan Cemari Air ku, Jauhi Aku Dari Limbah” kegiatan ini digelar rangka memperingati Hari Air Sedunia yang jatuh pada 22 Maret. Acara tersebut digaungi badan BUMD Kota Tangerang, PDAM TB Kota Tangerang yang bersinergi dengan para Wartawan Tangerang yang tergabung dalam Pokja Wartawan Harian Tangerang Raya (WHTR).

Meskipun acaranya sederhana, tetapi kegiatan ini dianggap dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat.  "Alam menyediakan air, jadi bagaimana kita berupaya melestarikannya apalagi kita sebagai user (pengguna). Jadi harus benar-benar diperhatikan oleh masyarakat pentingnya air dari sisi pengelolaannya," ungkap Direktur Utama PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang, H Sumarya usai melakukan tebar benih.

Selain itu, dirinya juga mensosialisasikan serta mengedukasi kepada masyarakat bagaimana pentingnya menjaga Sungai Cisadane dari aliran sampah. "Karena sampah plastik itu sangat mengganggu dan bisa merusak infeler pompa serta menjadi kendala bagi operasional pompa. Upaya yang kita lakukan yaitu kita menyiapkan tenaga SDM tiap jam yaitu dua orang jadi selama 24 jam ada 20 orang yang membersihkan sampah," jelasnya.

Sementara Ketua Pokja WHTR Yan Dwita Hermansyah menuturkan Kegiatan itu sebagai bentuk kepedulian terhadap keberadaan ikan juga sebagai regenerasi agar tidak punah. "Kita berupaya mengetuk kesadaran masyarakat yang artinya harus ada regenerasi ikan. Jadi kita berharap semoga dengan adanya tabur ikan ini bisa diikuti oleh masyarakat," ujarnya.

Pantauan di lokasi, nampak ratusan ikan mas disebar di sepanjang bantaran kali cisadane, Jl Kali Pasir, Cikokol, Kota Tangerang. Dengan tujuan untuk menjaga agar keberlangsungan kehidupan ikan dapat terjaga dengan baik.

Top

Android

Web
Tutup