RPH Karawaci Memiliki Pengolahan Limbah Terbaik Nasional

Kamis, 12 April 2018

PT. Karya Anugerah Rumpin (KAR) pada bidang Rumah Potong Hewan (RPH)  Karawaci memiliki system pengolahan limbah yang sangat baik, bahkan diklaim sebagai yang terbaik di Indonesia.

 

“Hanya RPH Karawaci saja yang memiliki pengolahan limbah secara terintegrasi seperti ini. Kita bisa rasakan, tidak ada bau yang menyengat disini, bahkan lalatpun tidak ada,” ujar Bambang, Manajer Operasional PT. Karya Anugerah Rumpin (KAR) saat dijumpai penulis.

 

Ia menambahkan, RPH Karawaci menjadi satu-satunya  secara nasional yang memang memiliki pengolahan limbah terintegrasi dengan baik, bahkan hasil pengolahan limbah kami itu menghasilkan pupuk.

 

Bambang menjelaskan,  baunya suatu RPH itu dikarenakan microbial itu, dan itu  yang kita kendalikan saat ini dengan system yang kami miliki.

 

Pantauan penulis dilokasi, RPH Karawaci ini terlihat sangat rapih dan bersih. Bahkan, yang biasanya pada RPH tercium bau menyengat, ini nyaris sama sekali tidak tercium bau.

 

“System ini dibikin sendiri oleh perusahaan kami, dan sebelumnya tentu telah dilakukan penelitian bertahun-tahun, dalam hal ini kami lakukan inventasi miliaran rupiah,” ungkapnya.

 

Dengan bukti yang ada ini, memang pantas ketika KAR mememiliki beragam prestasi dan anugerah yang diraihnya, salah satunya yaitu menjadi bahan acuan Badan Standarisasi Nasional (BSN) untuk RPH dan anugerah sebagai RPH yang mampu memperlakukan hewan secara hewani dengan baik.

Top

Android

Web
Tutup